Sukses

Ramai-Ramai Daki Gunung Ciremai Jelang Tahun Baru 2017

Tak hanya mendaki untuk menaklukkan puncak, pengunjung juga datang untuk menikmati hiburan tradisional di kaki Ciremai.

Liputan6.com, Cirebon - Gunung Ciremai, Jawa Barat, menjadi salah satu tujuan wisatawan yang hendak menghabiskan malam tahun baru. Mereka mulai berdatangan ke gunung tertinggi se-Jawa Barat itu sejak Jumat, 30 Desember 2016.

"Kami datang kemarin, Mas. Sengaja kemping di sini sama keluarga dan kerabat," kata salah seorang pengunjung Objek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Palutungan Kuningan, Wahyu Septaji, Sabtu (31/12/2016).

Dia menuturkan, Palutungan menjadi tempat untuk menikmati malam tahun baru karena suasana alamnya masih murni. Selain itu, di area Palutungan terdapat sejumlah objek wisata yang tak kalah menarik.

Manajer ODTWA Palutungan Kabupaten Kuningan Toto Hermanto mengatakan, menyambut malam tahun baru, pihaknya akan memberikan suguhan menarik bagi pengunjung.

"Bukan cuma menikmati alam saja, kami juga berikan hiburan bernuansa budaya dan etnik dengan unsur kecapi dan suling khas," ujar Toto.

Selain musik khas, objek wisata Palutungan juga menambahkan beberapa gazebo, deretan penjual makanan, kampung budaya serta penambahan dua toilet baru.

Demi kenyamanan pengunjung, pihaknya juga meningkatkan keamanan di lokasi yang bekerja sama dengan Muspika terpadu dan pemerintah daerah.

"Kalau program si Abah sudah berjalan di tiap weekend. Ada pagelaran budaya, tari-tarian. Sekarang tinggal dimaksimalkan saja," kata Toto.

Dalam mengawal tahun baru ini, OTDWA Palutungan Kabupaten Kuningan tidak membatasi jumlah pengunjung.

"Waktu lebaran lebih dari 4.000 pengunjung. Tahun Baru sekitar 1.000 orang akan datang ke sini. Tapi kalau yang mau ikut hiburannya saja, hanya sampai jam 9 malam," kata Toto.

Sementara itu, Ketua PPGC Jalur Palutungan Kabupaten Kuningan, Diding menyebutkan sampai kemarin, jumlah pendaki Gunung Ciremai melalui jalur Palutungan 170 pendaki. Diperkirakan, jumlah pendaki pada malam pergantian tahun mencapai 2.000 orang.

Pendaki Gunung Ciremai lewat Palutungan. (Liputan6.com/Panji Prayitno)

"Tahun lalu jumlah pendaki pada akhir tahun mencapai 2500 orang," ujar Diding.

Dia mengimbau para pendaki agar berhati-hati terhadap cuaca di Gunung Ciremai yang tidak menentu. Tapi, lanjut Diding, untuk saat ini mendaki di Gununung Ciremai masih terhitung aman.

Dia juga mengaku sudah mempersiapkan petugas dengan maksimal. "Muai hari ini mulai dari Pos Cigowong - Pesanggrahan sudah siap mengamankan para pendaki," tutur Diding memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.