Sukses

Nasib Mujur 2 Pendaki Tersambar Petir di Gunung Slamet

Tim SAR dan BPBD Purbalingga sedang mengevakuasi kedua pendaki gunung yang tersambar petir.

Liputan6.com, Purbalingga - Dua pendaki asal Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, dilaporkan tersambar petir di Gunung Slamet. Musibah di gunung ini diungkapkan Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga Priyo Satmoko.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, sebanyak tiga pendaki asal Desa Lebaksiu, Kabupaten Tegal, mendaki melalui Pos Pendakian di Dukuh Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, pada tanggal 28 Desember," ucap Priyo di Purbalingga, Jumat (30/12/2016).

Ia menjelaskan, tiga pendaki tersebut adalah Prayit (16), Ilham (17), dan Nafandio (17). Dua dari tiga pendaki itu tersambar petir saat berada di Pos VII Gunung Merapi, kemarin sore.

Menurut dia, salah seorang pendaki yang tersambar petir diketahui bernama Prayit. Sedangkan, seorang korban lainnya belum diketahui identitasnya.

"Informasi yang kami terima tadi pagi, kedua korban dalam kondisi selamat dan saat ini sedang dilakukan penjemputan. Posisi tim penjemput baru sampai Pos I," kata dia.

Priyo menjelaskan, tim penjemput terdiri atas 12 personel SAR Purbalingga dan tiga personel BPBD Purbalingga. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan ambulans di Pos Pendakian Bambangan.

Ia mengharapkan evakuasi kedua pendaki gunung yang tersambar petir itu berjalan lancar. Kendati, saat ini jalur pendakian di Gunung Slamet diguyur hujan ringan.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.