Sukses

Hati-Hati Main di Pantai-Pantai Ini

Ada 76 wisatawan yang terseret arus laut yang dijaga hanya oleh 20 personel Balawista Banten.

Liputan6.com, Serang - Para wisatawan yang hendak berlibur ke daerah Banten, khususnya wisata pantai saat libur akhir tahun diharapkan untuk berhati-hati mengingat cuaca yang tak bersahabat.

"Kemungkinan hujan dan ombak agak besar. Gunakan pelampung bertali, gunakan pakaian layak berenang dan patuhi arahan dan imbauan petugas penyelamat, serta masuk lah ke kawasan yang memiliki fasilitas keselamatan," kata Lulu Jamaludin, relawan dari Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Banten, Rabu (28/12/2016).

Dalam catatan Balawista, pantai di wilayah Banten yang rawan memakan korban seperti Pantai Ambon Anyer dan Pantai Cikuya Cinangka di Kabupaten Serang, Pantai Sawarna di Kabupaten Lebak, dan Pantai Bagedur di Kabupaten Pandeglang.

Sedangkan berdasarkan data dari Balawista Banten hingga 24 Desember 2016 tercatat sudah 76 wisatawan yang terseret arus laut yang dijaga hanya oleh 20 personel Balawista Banten.

"Sering kecelakaan dan lokasi berarus. Kesulitan dalam upaya memberikan pertolongan terhadap wisatawan adalah tidak adanya standarisasi fasilitas keselamatan," ia menjelaskan.

Sedangkan cuaca buruk di Banten diprediksi akan terus terjadi hingga Februari 2017, seperti hujan disertai angin kencang dan petir yang bisa berbahaya jika beraktivitas di luar rumah.

"Kita mengingatkan masyarakat, tentang cuaca ekstrem ke depan, informasi dari BMKG bahwa Banten hingga Februari cuacanya ekstrem," kata Sumawijaya, Kepala BPBD Banten.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.