Sukses

Zumi Zola Ajak Remaja Bersihkan Gunung Kerinci

Zumi Zola berencana menggelar ritual bersih gunung setiap tahun

Liputan6.com, Jambi Menjelang detik-detik pergantian tahun, Gubernur Jambi, Zumi Zola mengajak 100 remaja Jambi ikut berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan. Salah satunya adalah membersihkan Gunung Kerinci.

Selasa, 27 Desember 2016, secara resmi Zumi Zola melepas 100 remaja Jambi untuk membersihkan gunung api tertinggi di Indonesia itu. Menurut Zola, kawasan Gunung Kerinci dan sekitarnya adalah salah satu destinasi wisata paling menarik di Provinsi Jambi.

"Di sini sangat penting arti kebersihan, agar wisatawan nyaman dan kangen kembali lagi," ujar Zumi Zola.

Dengan turunnya para remaja itu, Zumi Zola berharap bisa mendorong masyarakat untuk lebih perhatian dan sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. "Kegiatan ini akan dilaksanakan rutin setiap tahun," ucap Zola.

Sementara itu, Sekjen Forum Komunitas Pecinta Alam Jambi (FKPAJ) Dirga Rangga Malino mengatakan, bersih Gunung Kerinci akan dilaksanakan mulai 29 Desember 2016 hingga tim pulang ke Kota Jambi pada 1 Januari 2016.

Menurut Dirga, kegiatan itu diikuti berbagai kelompok atau komunitas. Di antaranya Komunitas Pecinta Alam (KPA), Mahasiswa Pecinta Alam (MPA) dan Siswa Pecinta Alam (Sispala) Jambi.

"Aksi bersih Gunung Kerinci diharapkan bisa lancar dan membawa sampah dari gunung, seperti plastik, kaleng maupun botol," kata Dirga.

Gunung Kerinci atau juga disebut Puncak Indrapura merupakan gunung tertinggi di tanah Sumatera dan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Bahkan, gunung ini disebut sebagai puncak tertinggi di luar Papua.

Terletak di bagian barat Provinsi Jambi, gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan habitat harimau dan badak Sumatera.

Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 meter diatas permukaan laut (mdpl). Di Puncak Indrapura, pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah Kota Jambi, Padang, hingga Bengkulu.

Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat Gunung Tujuh dengan kawah indah yang hampir tak tersentuh.

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi bertipe stratovolcano yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada 2009.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini