Sukses

Begini Pengaturan Lalu Lintas Malioboro Saat Tahun Baru

Kendaraan bermesin tak boleh masuk Malioboro saat Tahun Baru.

Liputan6.com, Yogyakarta - Malam Tahun Baru di Malioboro, Yogyakarta, akan dipadati ribuan manusia. Hal ini membuat polisi mengatur semua kendaraan yang masuk ke kawasan wisata Malioboro.

Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta Brigadir Jenderal Ahmad Dofiri mengatakan saat malam Tahun Baru Malioboro akan disterilkan dari kendaraan bermotor. Polisi akan menutup akses kendaraan menuju kawasan Malioboro mulai pukul 17.00 WIB pada 31 Desember 2016.

"Semua akan digunakan untuk pejalan kaki," kata Dofiri dalam acara sosialisasi lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru, di Malioboro, Senin (26/12/2016) malam.

Dofiri mengatakan bagi kendaraan tak bermesin diperbolehkan melintas di Malioboro seperti becak dan andong. Kendaraan tersebut dapat mengangkut para wisatawan dari tempat parkir di sekitar Malioboro.

"Becak bermesin tidak boleh melintas Malioboro. Wisatawan bisa memakai andong dan becak biasa. Kita sudah sediakan kantong-kantong parkir," ujarnya.

Suasana Malioboro Yogyakarta (Liputan6.com / Yanuar H.)

Ia menambahkan pihaknya juga telah menerapkan sistem lalu lintas menuju ke Malioboro seperti dengan memecah alur pengguna kendaraan. Hal ini dilakukan karena, penutupan Malioboro akan memunculkan kepadatan volume kendaraan di ruas jalan di sekitarnya.

"Upaya memecah keramaian juga di lakukan, seperti adanya hiburan wayang kulit di Dinas Pariwisata, hiburan di titik nol, dan race di area Stadion Mandala Krida," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini