Sukses

Arus Balik Libur Natal, Jalur Pantura dan Selatan Aman

Lalu lintas dan perayaan Natal di Brebes berjalan aman dan kondusif.

Liputan6.com, Brebes - Tim supervisi Operasi Lilin 2016 Mabes Polri yang dipimpin Brigjen Eko Budi Sampurno mensupervisi Satwil jajaran Eks-Polwil Pekalongan terkait dengan pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2016, Senin, 26 Desember 2016.

Kegiatan yang digelar di Aula Mapolres Brebes ini diikuti para Wakil Kepala Polres, Kepala Bagian Operasi, Kasat Lantas, dan para operator serta perangkat lainya yang terlibat Operasi Lilin. Terdapat tujuh polres di eks-wil Pekalongan, yakni Polres Brebes, Tegal (Slawi), Tegal Kota, Pemalang, Pekalongan, Kajen dan Polres Batang.

Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan mengatakan pelaksanaan operasi Lilin Candi di Wilayah Eks-Wil Pekalongan sampai saaat ini relatif kondusif dan aman.

"Penggelaran personel yang dilibatkan pengamanan ini tidak hanya terfokus di gereja yang dijadikan sebagai tempat ibadah umat Kristiani untuk beribadah Natal 2016," ucap Luthfie.

Luthfie mengatakan personel disebar di beberapa penggal jalan yang mempunyai kerawanan terkait adanya lonjakan arus lalu lintas saat libur Natal dan menjelang tahun baru 2017.

"Hingga hari Senin ini, di wilayah Kabupaten Brebes untuk kepadatan arus mengalami kenaikan, tapi tidak signifikan. Adanya kendala jalan rusak di wilayah jalur selatan sedikit menghambat. Namun demikian, masih bisa diantisipasi oleh personel yang ditempatkan di pospam penggal jalan," dia menambahkan.

Luthfie menyatakan pelaksanaan ibadah Natal gereja-gereja di Kabupaten Brebes sampai saat ini masih aman. Menurut dia, hal ini tidak terlepas dari peran serta seluruh instansi terkait yang ikut mengamankan Operasi Lilin Candi 2016 di Kabupaten Brebes.

"Kepada Tim Supervisi mohon petunjuk dan arahan arahan guna menambah motivasi untuk memperbaiki kekurangan dalam pelaksanaan operasi ini," kata mantan Kapolresta Pekalongan ini.

Sementara itu, Brigjen Eko Budi Sampurno mengatakan supervisi bertujuan untuk melihat dinamika Operasi Lilin berjalan dan mengetahui hambatan apa yang terjadi di lapangan serta memberikan motivasi semangat agar bekerja lebih baik lagi.

"Operasi Lilin sudah sering kita laksanakan. Namun adanya dinamika yang terus berkembang, sehingga hal tersebut diperlukan antisipasi tersendiri. Melalui pengecekan ini juga, kita bisa mengerti sejauh mana pelayanan Polri kepada masyarakat terkait pengamanan Natal dan tahun baru 2017," ucap Eko.

Dalam kesempatan itu, pihaknya yang hadir bersama rombongan akan memeriksa administrasi maupun kesiapan piranti lunak, antara lain siap posko, siap latihan pra-operasi, kesiapan personel yang melakukan operasi, serta sarana dan prasarana termasuk kesiapan anggaran.

Kegiatan dilanjutkan dengan pendalaman materi pemeriksaan rombongan kepada para perwakilan masing-masing polres jajaran eks wil Pekalongan.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Brebes, arus lalu lintas kendaraan dari arah timur (Semarang) ke barat (Jakarta) pada hari Senin, 26 Desember 2016, pagi hingga siang sekitar pukul 13.00 WIB di Jalur Pantura Brebes masih normal.

Adapun kendaraan yang melintas jumlah total sekitar 50 ribu dengan dominasi, sepeda motor sekitar 42 persen, mobil pribadi sekitar 20, bus sekitar 20 persen, dan truk sekitar 18 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patroli di Pusat Perbelanjaan

Pada libur perayaan Natal tahun 2016 dan jelang pergantian tahun 2017, personel Polri dari Satuan Sabhara Polres Brebes menggelar patroli rutin di tempat-tempat keramaian di wilayah hukum Polres Brebes.

Kasat Sabhara Polres Brebes AKP Guritno mengungkapkan, kegiatan patroli ini dilakukan dengan menggunakan kendaraan dinas, baik roda dua maupun kendaraan roda empat.

"Kami berpatroli di tempat perbelanjaan, seperti minimarket, swalayan, hingga mal. Karena saat ini banyak masyarakat yang berbelanja dan berekreasi di masa libur Natal ini dan jelang tahun baru," ucap Guritno.

Ia menyebut patroli yang digelar pihaknya ini selama 24 jam, baik siang maupun malam dengan pergantian personel. Kegiatan patroli ini juga dibantu oleh unit Sabhara di polsek-polsek jajaran Polres Brebes.

"Ini kami lakukan agar masyarakat merasa aman dengan adanya kehadiran personel kepolisian di lingkungannya. Selain itu, dengan patroli ini juga diharapkan dapat menjaga situasi keamanan dan ketertiban di Kota Brebes yang saat ini sangat kondusif," jelas dia.

Selain gencar melakukan patroli di pusat-pusat keramaian, Satuan Sabhara Polres Brebes juga kerap membantu pengamanan di gereja-gereja yang tengah melaksanakan ibadah Misa Natal.

"Perbantuan pengamanan gereja ini dilakukan secara mobiling sesuai dengan jadwal kegiatan yang dilaksanakan dimasing-masing gereja," tutur Guritno.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.