Sukses

Ramai-Ramai Menyeberangi Selat Sunda Sambut Libur Natal

Sejak Kamis malam hingga Jumat siang, sebanyak 7.038 kendaraan telah menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni, Lampung.

Liputan6.com, Cilegon - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, mulai terlihat padat. Sejak Kamis malam hingga Jumat siang tadi, sebanyak 159.960 penumpang dan 17.038 mobil pribadi telah menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Lonjakan angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru diprediksi akan mengalami peningkatan pada Jumat malam hingga besok siang.

"Sejak Kamis malam, Pelabuhan (Merak) mulai dipadati kendaraan. Traffic relatif lebih tinggi pada malam hingga jelang dini hari, khususnya roda empat (mobil pribadi)," ucap Faik Fahmi selaku Dirut PT ASDP Indonesia Ferry di Kota Cilegon, Jumat (23/12/2016).

Faik memprediksi Jumat malam ini hingga Sabtu siang, 24 Desember 2016, adalah puncak dari angkutan libur Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Merak.

"Namun diperkirakan masih akan terjadi lonjakan yang signifikan dari kendaraan roda dua (sepeda motor) dan roda empat malam ini hingga besok," ia menambahkan.

Sebagai perbandingan, berdasarkan data dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak di tahun 2015, puncak traffic sepeda motor terjadi H-2 mencapai 4.400 unit dan 3.748 unit pada H-1. Saat itu, kepadatan diantisipasi dengan menyediakan lima tollgate untuk sepeda motor, dari biasanya hanya dua unit.

Sedangkan berdasarkan data terbaru, sejak kemarin, Pelabuhan Merak telah mengoperasikan 92 trip kapal roro (roll off-roll on).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.