Sukses

Brown Canyon Semarang, Bukit Rusak yang Sangat Indah

Hanya manusia-manusia yang jernih hatinya mampu melihat dan merasakan keindahan ini. Mereka menemukan sudut keindahan dari alam yang rusak

Liputan6.com, Semarang Jika Amerika punya Grand Canyon of Colorado, Semarang punya Brown Canyon of Rowosari sebagai salah satu alternatif wisata alam yang keren. Sayangnya, banyak tangan-tangan tak bertanggung jawab. 

Brown Canyon of Rowosari sejatinya bukanlah tempat wisata melainkan perbukitan biasa. Tempat itu merupakan perbukitan padas yang jadi lokasi pembangunan.

Penambangan material itu dilakukan setiap hari selama bertahun-tahun hingga akhirnya berubah wujud seperti layaknya Green Canyon of Colorado yang ada di Amerika. 

Pemandangan bukit yang rusak itu, akhirnya dipandang dari sudut pandang berbeda sehingga terbentuk imaji Brown Canyon sebagai salah satu obyek wisata dan tempat yang terbaik bagi para pecinta fotografi.

Tebing-tebing yang menjulang tinggi dipadu dengan adanya pohon-pohon di puncaknya membuat tempat ini sebagai pemandangan yang sangat menarik dan sayang untuk tidak dikunjungi. 

Tempat yang sangat instagramable ini juga recommended untuk menyambut matahari terbit, maupun mengantar matahari terbenam. Terletak di daerah Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang, tempat yang lumayan jauh dari pusat keramaian kota Semarang.

Memandang bukit rusak yang menjulang itu, memang bisa disaksikan keindahan. Namun jika direnungkan lebih dalam, betapa alam Indonesia sangat baik bagi kita. Meskipun sudah dirusak oleh manusia namun masih mampu menyajikan keindahan yang luar biasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebaikan Hati Semesta

"Semesta Indonesia sangat baik kepada kita. Hanya manusia-manusia yang jernih hatinya mampu melihat dan merasakan keindahan ini. Merekalah yang menemukan sudut keindahan dari suatu kerusakan alam," kata seniman tari Semarang Al Agus Supriyanto.

Rute Brown Canyon dari Semarang timur bisa melewati jalan Fatmawati menuju RSUD Kota Semarang (Ketileng), kemudian mengambil arah kiri (arah perum Klipang) dan menuju lokasi Klipang Golf. Setelah sampai Klipang Golf, lanjutkan dengan melewati jembatan besi.

Setelah jembatan besi ketiga (jembatan dengan sungai yang besar) akan ada pertigaan ke arah selatan (belok kanan). Lurus saja kurang lebih 2 KM anda akan melihat keindahan Brown Canyon Semarang. 

Rute Brown Canyon dari arah Batang, Kendal dan Simpang Lima Semarang atau dari arah barat bisa melewati pertigaan "pasar kambing", melewati Mrican, Kedung Mundu, Sambiroto, pertigaan Intan Permai belok kiri (Jl. Elang), kemudian sampai perempatan Pasar Meteseh belok kiri.

Rute Brown Canyon dari arah Solo, Yogya dan Semarang atas bisa melewati Banyumanik, Tembalang, UNDIP dan kemudian menuruni Sigar Bencah sampai perempatan Pasar Meteseh langsung ambil jalan lurus.

Yang perlu dipersiapkan saat menuju Brown Canyon. Karena tempat ini merupakan tempat panambangan bahan material dan masih aktif maka datanglah pada waktu di luar jam kerja.

Jika terpaksa harus datang di saat jam kerja maka jangan lupa persiapkan masker atau buff sebagai penutup mulut dan kacamata. Untuk berkunjung, sangat tidak direkomendasikan menggunakan mobil sedan atau mobil berbodi rendah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini