Sukses

Asyik, Bus Tingkat Telolet Siap Meluncur dari Wonogiri ke Jakarta

Bus tingkat AKAP pertama di Jawa itu akan meluncur perdana pada hari Natal nanti.

Liputan6.com, Semarang - Perusahaan Otobus (PO) Putera Mulya mengeluarkan armada double decker atau bus tingkat untuk jurusan Wonogiri-Solo-Jakarta. Bus tingkat pertama di Jawa yang melayani trayek antarprovinsi tersebut akan mulai beroperasi pada 25 Desember 2016 atau bertepatan dengan hari Natal.

Pantauan Liputan6.com, peluncuran bus tingkat Putera Mulya dipusatkan di Terminal Ngadirojo, Wonogiri pada Kamis (22/12/2016). Sejumlah pejabat dari Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri, Organda Surakarta, dan para penggemar bus yang tergabung dalam wadah BusMania hadir dalam acara itu.

Kehadiran dua bus tingkat di terminal tersebut menjadi daya tarik para pencinta bus maupun masyarakat. Mereka berebut untuk bisa berfoto dengan latar belakang bus tingkat yang berwarna dominan cokelat muda tersebut.

Peresmian pengoperasi bus tingkat tersebut ditandai dengan pemecahan kendi serta pemotongan pita di bagian depan bus. Selanjutnya, para tamu undangan dipersilakan masuk untuk mencoba bus dari Terminal Ngadirojo menuju Taman Selogiri yang berjarak sekitar 18 kilometer.

Bus tingkat telolet rute Wonogiri - Solo - Jakarta. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Para penumpang terlihat menikmati suasana kenyamanan bus tingkat tersebut. Tempat duduk di dalam bus dibagi menjadi dua. Lantai atas merupakan First Executive Class dengan jumlah 38 tempat duduk, sedangkan yang di bawah merupakan Elegant Class dengan hanya enam kursi.

Pemilik PO Putera Mulya Sugiyono mengatakan, tujuan mendatangkan bus tingkat yang pertama di Jawa untuk melayani rute Wonogiri-Jakarta supaya warga luar Wonogiri dan wisatawan berkunjung ke kota ini.

"Adanya bus tingkat ini untuk memancing mereka datang ke Wonogiri supaya tahu jika daerah yang dulunya identik dengan gaplek ini, kini sudah berubah," kata dia di sela-sela peresmian pengoperasian bus tingkat PO Putera Mulya di Wonogiri, Kamis, 22 Desember 2016.

Yang utama, menurut Sugiyono, kehadiran bus tingkat yang memiliki panjang 13,5 meter dan tinggi 4,15 meter itu untuk memanjakan para penumpang tujuan Wonogiri-Jakarta maupun sebaliknya untuk bisa mendapatkan pelayanan yang lebih.

Keberadaan bus tersebut diharapkan dapat mengakomodasi keinginan kalangan masyarakat menengah ke atas yang menginginkan pelayanan dan fasilitas prima.

"Berdasarkan pengamatan PO Putera Mulya, masyarakat Wonogiri yang memiliki mobilitas bolak-balik Jakarta-Wonogiri saat ini menggemari kelas menengah atas. Dalam hal ini yang digemari kelas VIP. Untuk itu, kami hadir dengan Elegant Clas bus tingkat," ucap dia.

Suasana lantai bawah bus tingkat telolet. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Untuk melayani rute Wonogiri-Jakarta maupun sebaliknya, dia menyebutkan, PO Putera Mulya menyediakan dua armada bus tingkat. Bus tingkat ini merupakan yang pertama di Jawa melayani rute AKAP.

Bus double decker Scania K410 iB itu akan beroperasi setiap hari untuk melayani kedua kota tujuan tersebut. ‎"Nanti, satu armada berangkat dari Wonogiri dan satu armada berangkat dari Jakarta setiap harinya," kata dia.

Bagi masyarakat yang ingin mencoba naik bus tingkat, dia menyebut harga tiket bus‎ tersebut cukup terjangkau. Untuk tiket Elegant Class dijual dengan harga Rp 325 ribu, sedangkan untuk First Executive Class tiketnya dibanderol Rp 225 ribu.

"Total jumlah tempat duduknya ada 44 kursi. Bus ini juga dilengkapi dengan klakson telolet," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.