Sukses

Zumi Zola Tebar Ribuan Ekor Ikan Langka

Akibat perburuan dan rusaknya ekosistem sungai, ikan ini terancam punah

Liputan6.com, Jambi - Gubernur Jambi, Zumi Zola mengajak sejumlah bawahannya ke Danau Teluk Kenali, Kota Jambi. Bukan untuk rekreasi, namun mereka menebar benih ikan langka yang terancam punah.

"Ada 3.000 ekor benih ikan botia kita tebar. Ini agar jangan sampai punah," ucap Zumi Zola usai menebar benih ikan botia, Rabu siang, 21 Desember 2016.

Ikan botia adalah ikan endemik di sungai Batanghari, Jambi. Bentuknya yang mungil, eksotis dengan warna jingga kekuning-kuningan menjadikan botia banyak digemari sebagai ikan hias.

Maraknya perburuan dan rusaknya ekosistem sungai Batanghari menyebabkan ikan botia semakin langka dan terancam punah. Adapun ikan ini biasanya keluar dari sarangnya saat sungai meluap.

Menurut Zola, keindahan ikan botia bahkan sudah terkenal hingga mancanegara. "Ikan ini sudah menjadi komoditi ekspor hingga ke Eropa."

Untuk itu, menurut Zola, Pemprov Jambi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) tengah berupaya mendorong peningkatan populasi ikan botia dengan cara teknologi penyuntikan sperma.

"Setelah menjadi benih langsung kita lepas liarkan," Zola menambahkan.

Lebih lanjut Zola mengatakan, sepanjang 2016, ia sudah melepasliarkan lebih dari sejuta benih ikan. Tidak hanya botia, namun beberapa jenis ikan lain seperti gurame dan semah.

"Sejuta benih ikan itu kita tebar di 11 kabupaten atau kota," Zumi Zola memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini