Sukses

Kodam XIII Merdeka Pegang Komando Jaga Perbatasan Utara Sulawesi

Kodam XIII Merdeka Manado berbagi tugas menjaga keamanan Sulawesi bersama Kodam VII Wirabuana.

Liputan6.com, Manado - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono meresmikan Komando Daerah Militer (Kodam) XIII Merdeka Manado. Mulyono juga sekaligus melantik Mayjen TNI Ganip Warsito sebagai Panglima Kodam (Pangdam) XIII Merdeka yang terletak di Jalan 14 Februari Teling Manado.

"Peresmian Kodam XIII Merdeka ini dilakukan untuk mempermudah pengawasan dan penanganan komando tugas TNI di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia agar semakin baik ke depan," ujar Mulyono.

Dia juga mengatakan peresmian Kodam XIII Merdeka akan semakin meningkatkan deteksi dini teritorial perbatasan. "Apalagi, Sulawesi Utara berbatasan dengan negara Filipina yang rentan terhadap kelompok radikal," kata dia.

Jenderal bintang empat itu juga mengungkapkan Kodam Merdeka akan membawahi tiga provinsi, yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

"Dengan demikian untuk Provinsi Sulut, Gorontalo dan Sulteng, komando satuan telah dialihkan dari Kodam VII Wirabuana ke Kodam XIII Merdeka Manado," ujar Mulyono.

Upacara peresmian Kodam dan pelantikan Pangdam ini ditandai dengan pembukaan selubung pataka Kodam XIII Merdeka Jaya Sakti oleh Kasad Jenderal TNI Mulyono.

Kemudian, penyerahan pataka Kodam XIII Merdeka dari KSAD Jenderal TNI Mulyono kepada Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, serta alih Kodal satuan dari Pangdam VII Wirabauna Mayjen TNI Agus Surya Bakti kepada Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito.

Upacara turut dihadiri pejabat TNI AD, Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Gubernur Sulawesi Tengah dan Gubernur Gorontalo, Forkopimda Sulut, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.