Sukses

Selamatkan Kebun-Kebun Teh Jawa Barat

Festival teh Jawa Barat mengenalkan potensi teh.

Liputan6.com, Bandung - Dinas Perkebunan Jawa Barat (Jabar) mencatat sekitar 24.000 hektare lahan kebun teh yang dikelola oleh warga di provinsi ini dinyatakan rusak karena berbagai sebab. Jumlah total luas lahan perkebunan teh di Jabar 92 ribu hektare.

Dari jumlah itu 52 ribu hektarenya dikelola rakyat. "Nah 24 ribu dari 52 ribu hektare teh yang dikelola rakyat dinyatakan rusak," kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat Arief Santosa, di Bandung, Rabu (14/12/2016) dilansir Antara.

Menurut dia salah satu penyebab rusaknya perkebunan teh yang dikelola oleh rakyat di Provinsi Jawa Barat ialah kurangnya pemberian pupuk secara teratur.

Idealnya kalau kondisinya bagus bisa menghasilkan 2-2,5 ton teh per hektare tapi karena rusak menjadi turun yakni 800 kg per hektare. ""Banyaknya lahan teh yang dikelola warga menyebabkan produktivitas tehnya menurun," kata Arief.

Oleh karena itu, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat saat ini memberikan bantuan pupuk untuk warga yang mengelola lahan perkebunan teh.

Selain itu, lanjut Arief, rusaknya perkebunan teh yang dikelola warga di Provinsi Jawa Barat juga disebabkan oleh faktor hama seperti yang menyerang perkebunan teh di Kabupaten Garut dan Purwakarta.

"Jenis hama yang menyerangnya itu seperti ulat, makanya kita juga berikan pestisida organik atau yang ramah lingkungan untuk warga yang memiliki lahan perkebunan teh," katanya.

Dia menambahkan sebagai upaya mengenalkan potensi teh di Jawa Barat kepada masyarakat umum maka setiap tahunnya digelar Festival Teh Jawa Barat.

"Jadi selain sebagai ajang silaturahmi komunitas dan produsen teh di Jawa Barat, juga merupakan ajang sharing dan meningkatkan spirit untuk meningkatkan produksi serta daya saing di pasar teh nasional maupun dunia," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini