Sukses

Terpesona Awan Pelangi di Langit Pekanbaru

Warga Pekanbaru mendadak heboh karena munculnya awan pelangi, fenomena alam yang jarang terjadi.

Liputan6.com, Pekanbaru - Fenomena awan kecil melintang yang berwarna seperti pelangi atau Iridescent Clouds tampak di langit Kota Pekanbaru, Selasa (13/12/2016) siang. Awan pelangi ini mencuri perhatian warga di Jalan Prambanan, tepatnya di depan Kantor Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau.

Sejumlah warga di lokasi langsung mengabadikan fenomena yang terbilang jarang muncul di Pekanbaru. Mereka berhenti dari kendaraannya untuk melihat fenomena yang berlangsung sekitar 30 menit ini.

Para pewarta foto juga turut mengabadikan fenomena ini untuk menambah koleksi fotonya. Mereka berbaris di sepanjang jalan untuk menangkap fenomena yang sekilas mirip kemunculan pelangi ini.

Pantauan di lokasi, warna awan ini memang mirip pelangi yang terdiri dari merah, kuning, jingga dan hijau‎ itu.

"Baru kali ini melihatnya, sebelumnya tidak pernah. Hanya melihat pelangi saja, tapi ini awan," kata seorang warga bernama Anggik.

Beruntung warga tidak mengaitkan fenomena ini sebagai pertanda bakal terjadinya bencana alam.

"Ini fenomena alam. Semoga tidak pertanda bakal terjadinya sesuatu," tegas Anggik.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Sugarin menyebutkan, penampakan itu merupakan fenomena biasa yang disebut dengan ‎Iridescent Clouds‎.

"Proses terjadinya hampir sama dengan proses terjadinya pelangi. Dapat terlihat ketika posisi pengamat atau orang yang melihat membelakangi matahari," kata Sugarin.

Dia menyebutkan, awan ini terjadi karena adanya kristal es berukuran sangat kecil dalam awan. Biasanya terdapat pada awan menengah dan awan tinggi.

"Makanya kemudian membentuk warna seperti pelangi akibat pembiasan cahaya matahari," kata Sugarin.

Iridescent Clouds atau awan warna warni yaitu terjadinya warna dalam awan yang mirip dengan yang terlihat pada minyak dalam genangan air atau pada gelembung sabun. Awan warna-warni disebabkan tetesan air kecil atau kristal es kecil individual yang menghamburan cahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.