Sukses

Menikmati Bebek dalam Temaram Matahari Terbenam, Mau Ikut?

Sajian bebek spesial itu juga semakin lengkap dengan pemandangan Gunung Merapi di kejauhan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Menikmati sajian makanan akan semakin nikmat jika didukung suasana yang nyaman. Tidak jauh dari Kota Yogyakarta, terdapat sebuah tempat dataran tinggi yang menyajikan menu makanan enak dan tempat yang asyik.

Tempat itu adalah Abhayagiri Resto yang berada dalam kompleks Sumber Watu Heritage di Dusun Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan, Sleman. Pemandangan di resto ini langsung menghadap Gunung Merapi.

Pamandangan di Sumberwatu Heritage Resort yang menghadap Gunung Merapi. (Liputan6.com/Yanuar H)

Prayoga Pangestu, Sales and Public Relations Executive Sumberwatu Heritage Resort, mengatakan Abhayagiri Resto menyajikan menu western dan lokal. Salah satu menu yang disajikan adalah menu Bebek Kebuli, Bebek Rondo Kemul, dan Ulam Gemuling.

Bebek Rondo Kemul menjadi menu favorit pilihan pengunjung resto Abhayagiri. Hal ini karena cita rasa yang gurih sehingga bisa dinikmati semua kalangan, baik anak-anak hingga dewasa.

Selain itu, bebek ini memiliki tekstur daging yang lunak karena dimasak slow cooking. Hal ini mampu menggugah selera makan.

"Gurih rasanya jadi semua orang bisa makan. Kenapa rondo kemul? karena diselimuti daun singkong dan beberapa topping lainnya jadi seperti diselimuti," ujar Yoga, Senin, 12 Desember 2016.

Selain menu bebek, ada juga menu lain seperti salmon, seafood, dan steak. Sementara, minuman lokal yang ditawarkan khas Sumberwatu adalah jahe blekuthuk. Menurut Yoga, minuman ini hanya ditemui di Abhayagiri Resto saja karena asli dari Sumberwatu.

"Jahe blekuthuk dan sereh blekuthuk jadi saat disajikan itu ada suara blekuthuk blekuthuk, makanya dinamakan jahe blekuthuk. Ini murni fermentasi aman," ujar Yoga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berekreasi Tanpa Menguras Kantong

Menurut Yoga, untuk menikmati makanan enak dengan pemandangan yang indah ini tidak perlu merogoh kocek cukup dalam. Kisaran harga makanan di Abhayagiri resto mulai dari Rp 30 ribu hingga Rp 200 ribu. Harga ini sudah termasuk pajak.

Untuk makanan kisaran harga mulai dari Rp 70-200 ribu, sementara makanan ringan mulai dari Rp 30-45 ribu, dan minuman harganya mulai Rp 30-59 ribu.

Khusus menu Bebek Rondo Kemul, harga dibanderol sebesar Rp 99 ribu plus. "Rp 99 ribu plus tax and service kalau sereh blekuthuk harganya Rp 49 ribu plus plus. Rp 200 ribu itu untuk sirloin," ujar dia.

Yoga menambahkan pemandangan di resto ini sangat bagus. Pengunjung dapat menikmati menu makanan dan minuman sembari melihat Gunung Merapi, Candi Prambanan, dan Candi Sojiwan. Restoran yang bisa memuat 400 orang ini dapat dipesan terlebih dahulu.

Restoran ini baru buka sekitar pukul 11.00 WIB hingga 21.00 WIB. Namun, untuk bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi, pengunjung bisa datang sekitar pukul 15.00-17.00 WIB.

"Biar cari pelarian ke kota ke sini, jadi tempat pelarian tamu di kota. Jadi, kalau yang mau pagi breakfast bagi yang menginap. Pengunjung umum baru sorenya dapat suasananya," ujar Yoga.

Yoga menambahkan di tempatnya juga ada fasilitas penginapan dengan tiga kamar di unit family villa dan 20 kamar hotel dengan 10 kamar deluxe dan 10 kamar deluxe biasa. Ada juga kolam renang hotel yang ada di dekat resto.

Pihaknya saat ini tengah menambah jumlah kamar untuk menampung banyaknya wisatawan yang ingin suasana berbeda di Kota Yogyakarta. 

Sumberwatu Heritage Resort juga menyediakan penginapan dengan fasilitas yang bisa memanjakan pengunjung. (Liputan6.com/Yanuar H)

"Rate Rp 1,8 juta, untuk deluxe yang biasa Rp 1,5 juta. Itu sudah ada paket sepeda ke Candi Barong atau Candi Sojiwan. Kalau villanya rate 6 juta sudah termasuk pick up drop air port. Ada tiga kamar dua master bed room, satu master bedroom ada jacuzzi juga," ujar dia.

Yoga menjelaskan momen paling indah adalah petang hari. Pengunjung akan mendapat suasana sunset, sebab resto menghadap ke Gunung Merapi alias ke utara. Maka itu, pengunjung banyak yang datang ke resto ini sekitar pukul 16.00 WIB ke atas untuk memandang matahari tenggelam.

"Kalau siang hujan terus jam empat itu selesai hujannya maka Merapi kelihatan banget, jernih banget, bagus banget. Kalau pagi jam 5 atau 6 gitu keren. Makanya, kalau sarapan di sini Merapinya bagus," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.