Sukses

Telur Ayam Kuno dan Mimpi di Malam Ketujuh

Setelah penemuan benda berbentuk telur ayam kuno, warga berbondong-bondong memburu barang langka.

Liputan6.com, Penukal Abab - Warga Desa Karang Agung, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan, menemukan benda kuno bulat berbentuk telur ayam kekuningan menyerupai emas bertuliskan Arab. Benda kuno itu kini diamankan tim Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan Balai (BPCB) Pelestarian Cagar Budaya Jambi.

"Dua jenis benda kuno yang ditemukan warga di Desa Karang Agung itu diamankan oleh tim Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi," kata Kasi BPCB Jambi Setyorini di Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), dilansir Antara, Minggu, 11 Desember 2016.

Ia berharap, Pemerintah Kabupaten Pali melalui Dinas Kebudayaan untuk segera menangani benda kuno yang ditemukan warga untuk disimpan dan diamankan. Selain itu, ia juga meminta wilayah lokasi penemuan agar segera disterilisasi dari warga guna menghindari adanya kerusakan jika nantinya ditemukan lagi benda kuno lainnya.

Penemuan benda kuno oleh warga itu terjadi saat menggali jalan lingkar dengan ekskavator di lokasi kebun belakang Sekolah Dasar (SD) Negeri 11 Kecamatan Abab, Senin, 28 November 2016. Penemu benda itu adalah Candra (40).

"Setelah satu minggu menemukan dan menyimpan benda bulat sebesar telur ayam berwarna kuning emas bertulisakan Arab itu, lalu saya bermimpi tepat di malam ketujuh," ujar Setyorini.

Ia mengaku bermimpi didatangi orang mengunakan jubah putih. Usai penemuan itu, warga di sekitar lokasi berdatangan untuk ikut mencari barang langka di lokasi penemuan benda kuno tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.