Sukses

Kebun Raya Bogor 'Bersolek' Sambut Usia 2 Abad

Kebun Raya Bogor bukan hanya sebagai tempat wisata, melainkan juga memiliki peran sebagai pusat konservasi, edukasi dan penelitian.

Liputan6.com, Bogor - Kebun Raya Bogor sedang "bersolek". Ternyata, pihak Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya LIPI tengah bersiap menyambut peringatan dua abad Kebun Raya Bogor pada 2017.

"Pada 2017 Kebun Raya Bogor memasuki usia 200 tahun, menyambut dua abad kami akan melakukan ekspose hasil penelitian yang sudah dilakukan," ucap Kepala Kebun Raya Bogor, Didik Widyatmoko, di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/12/2016), seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan, Kebun Raya Bogor bukan hanya sebagai tempat wisata melainkan juga memiliki peran sebagai pusat konservasi, edukasi dan penelitian.

Selama dua abad, menurut Didik, peneliti di Kebun Raya Bogor terus melakukan penelitian yang berkaitan dengan flora. Serta, mencari solusi bagi Indonesia dalam upaya konservasi tumbuhan.

"Misalnya penelitian tentang sawit yang ditanam di lahan marginal, ini karya peneliti kebun raya dan masih banyak penelitian lainya seperti kayu manis, dan kina," kata dia.

Tidak hanya itu, lanjut didik, Kebun Raya Bogor juga sudah meluncurkan empat individu baru, termasuk mendomestikasikan tumbuhan liar menjadi tanaman yang mempunyai nilai jual.

"Kebun Raya Bogor juga membantu terbentuknya kebun raya baru di daerah, hingga kini sudah ada 39 kebun raya daerah yang sudah berdiri, termasuk lima kebun raya di bawah LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)," ujar dia.

Lebih lanjut Didik mengatakan, Kebun Raya Bogor LIPI telah menjalin kerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah dalam mengembangkan kebun raya daerah, dan langkah tersebut akan terus digaungkan.

Adapun Kepala Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas mengatakan 200 tahun Kebun Raya Bogor sebagai aset bangsa yang perlu untuk dipelihara dan dilestarikan.

"Peringatan dua abad Kebun Raya Bogor akan jadi agenda besar tahun 2017 bersamaan dengan ulang tahun emas ke 50 LIPI," tutur dia.

Tri menjelaskan, 23 Agustus 2017, LIPI memasuki usia 50 tahun. Berbagai acara besar telah disiapkan, di antaranya Expo Iptek Indonesia dengan mengundang semua mitra LIPI, mengenalkan hasil riset yang telah dihasilkan selama ini.

"Memeriahkan HUT LIPI dan Kebun Raya, tahun 2017 akan ada international flower show yang pertama di Indonesia," kata dia.

Selain itu akan ada pemberian penghargaan kepada para peneliti dan tokoh nasional yang setiap tahun digelar dalam rangka HUT LIPI. "Saatnya LIPI menunjukkan capaian kinerja hasil risetnya yang benar-benar bermanfaat untuk bangsa. Usia 50 tahun menunjukkan kedewasaan, dan prestasi," Tri memungkasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini