Sukses

Cerita Bintang, Anak Penderita Tumor Gusi Asal Blitar

Liputan6.com, Surabaya - Bintang, bocah berusia 7 tahun asal Blitar, tidak bisa ceria layaknya anak-anak lain. Warga Desa Gedog Kecamatan Sanan Wetan Kota Blitar ini tengah menahan sakit karena tumor gusi yang dideritanya.

Bintang merupakan anak dari pasangan Yunariah dan Joko Sapuan. Dia merupakan bungsu dari dua bersaudara, terpaut 17 tahun dari kakaknya yang bernama Siska.

Bintang lahir dalam kondisi sehat dan normal pada 2009. Namun, pada usia setahun atau pada 2010, Bintang mulai terkena penyakit di gusinya.

"Saat dibawa ke dokter, dokter bilang ini bukan penyakit yang berbahaya karena gusi yang keras ini adalah mau tumbuh gigi," ucap Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul kepada Liputan6.com, Selasa, 6 Desember 2016.

Bintang tidak sendiri, setidaknya ada sekitar 220 orang di dunia yang mengidap penyakit langka ini. Selama enam tahun Bintang menahan sakit. Namun, kini Bintang dan orangtuanya bisa berbahagia karena pihak pemerintah daerah tergerak turut mendukung pengobatannya. Dia akan segera dirujuk ke Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya.

Sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan aktif, pengobatan Bintang sudah ditanggung. Hanya saja, pemerintah daerah akan membantu biaya-biaya yang tidak ditanggung perusahaan pelat merah itu.

"Pemprov Jatim bekerja sama dengan Pemkot Blitar bersama-sama ingin mengobati bintang agar segera tertangani dengan baik dan sesegera mungkin. Kami hanya membantu biaya yang tidak terkover BPJS," ujar Gus Ipul.

Selain itu, biaya akomodasi pengobatan Bintang selama di Surabaya, juga telah diberikan Dinas Sosial Provinsi Jatim.

"Meskipun bantuan itu tidak sebera besarnya, yang penting ada ongkos untuk berobat Bintang," tandas Gus Ipul.