Sukses

Tim Katak Siap-Siap Halau Banjir dari Makassar

Salah satunya menghalau banjir dari daerah langganan banjir di Makassar.

Liputan6.com, Makassar - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar membentuk tim khusus yang bekerja selama musim hujan untuk menjaga agar Kota Makassar tak kebanjiran. Tim khusus itu disebut tim katak.

Tim katak diberi tugas wajib menjaga agar air laut tak meluap masuk ke permukiman warga yang utamanya berbatasan dengan pantai. Salah satunya yang berada di Kecamatan Wajo, Makassar.

"Tim katak yang berada di Kecamatan Wajo itu tugasnya rutin melakukan pemeriksaan pintu air di beberapa wilayah Wajo," kata Camat Wajo Ansaruddin di ruang kerjanya, Senin, 5 Desember 2016.

Menurut Ansaruddin, setiap tahun Kecamatan Wajo langganan banjir karena tersumbatnya pintu air di daerah Jalan Nusantara. Daerah itu berbatasan langsung dengan Pantai Losari di sebelah utara.

"Sejak beberapa hari ini hujan. Tim katak di Kecamatan Wajo selalu bersiaga di pintu air untuk menjaga jangan sampai terjadi penyumbatan atau penumpukan sedimen yang bisa mengakibatkan air tidak mengalir dan akhirnya merendam seluruh ruas jalan di Kecamatan Wajo," tutur dia.

Faktor lain yang membuat beberapa titik di Kecamatan Wajo langganan banjir, sambung dia, juga karena adanya beberapa ruas jalan di wilayah Wajo yang lebih rendah dari pantai. "Jadi kalau hujan datang pasti terendam," kata dia.

Salah satu daerah yang dimaksud di antaranya Jalan Balang Caddi, Makassar. "Inilah tugas tim katak di mana mereka selain memantau pintu air yang langsung ke laut juga membersihkan drainase di setiap ruas jalan dan lorong-lorong," kata Ansaruddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini