Sukses

2 Kapal Malaysia Kandas, Puluhan Kontainer Tercebur ke Laut

Saat menyeberang perairan perbatasan Malaysia-Indonesia, angin dan ombak tiba-tiba menghantam dua kapal barang itu.

Liputan6.com, Pekanbaru - Beberapa hari terombang-ambing di perairan Indonesia, tepatnya di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau, dua kapal pengangkut puluhan kontainer bahan baku industri dari Malaysia kandas. Kapal kandas, maka puluhan kontainer yang diangkut terjun bebas ke dasar laut.

Kabid Humas Polda Riau AKBP Gunur Aryo Tejo mengatakan, kepolisian bersama Syahbandar Batu Panjang berupaya mengevakuasi badan kapal yang kandas. Serta, menyelamatkan kontainer yang tersisa dari kapal kandas tersebut.

"Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Para anak buah kapal yang rata-rata berasal dari Indonesia selamat. Kejadian ini menyebabkan kerugian materi yang besar," ucap mantan Kapolres Pelalawan ini, Senin (5/12/2016).

Dia menyebutkan, dua kapal dimaksud masing-masing Low Kim Chuan 8 dan Low Kim Chuan 118 berangkat dari Port Klang Malaysia dengan tujuan Sungai Siak atau salah satu pelabuhan perusahaan bubur kertas terbesar di Asia.

Saat menyeberang dari batas perairan Malaysia ke perairan Indonesia, tiba-tiba angin dan ombak datang dari arah barat. Hantaman ombak mengenai lambung kanan kapal.

"Melihat ini, dua kapal berinisiatif mengubah haluan mengikuti arah angin dan ombak. Hanya saja, upaya itu sia-sia karena banyak kapal dari timur ke barat," kata Guntur.

Dua kapal pengangkut puluhan kontainer dari Malaysia, kandas di perairan Pulau Rupat, Bengkalis, Riau. (Liputan6.com/M Syukur)

Akibat cuaca yang tak bersahabat ini, kapten kedua kapal dimaksud hanya bisa mengubah haluan dari angka 176 ke 150. Usaha itu dilakukan selama beberapa jam karena kondisi laut sudah tak memungkinkan.

"Tak lama kemudian, anak buah kapal melihat kondisi kapal kondisi miring dan hendak karam," ujar Guntur.

ABK kemudian mengecek kondisi kapal yang sudah rusak akibat hantaman ombak. Sementara beberapa tali yang mengikat ratusan kontainer sudah putus.

"Sebagian kontainer sudah ada yang jatuh ke laut. Untuk menghindari hal tak diinginkan, kapten mengubah haluan ke Pulau Rupat untuk berlindung. Pada saat perjalanan ke Rupat, tongkang semakin miring dan sebagian kontainer jatuh ke laut," sebut Guntur.

Dua kapal pengangkut puluhan kontainer dari Malaysia, kandas di perairan Pulau Rupat, Bengkalis, Riau. (Liputan6.com/M Syukur)

Guntur menambahkan, kapal Low Kim Chuan mengangkut 95 kontainer. Sebanyak 60 kontainer dilaporkan sudah terjun ke dasar laut dan terselamatkan. Sementara Kapal Low Kim Chuan 118 mengangkut tujuh kontainer berisi bahan baku kertas.

"Enam kontainer dari kapal kedua sudah tenggelam ke laut dan hanya tersisa satu saja," Guntur menandaskan.

Saat ini, kepolisian bersama otoritas laut setempat sedang berupaya mengevakuasi kapal kandas tersebut. Termasuk, menghitung kerugian pasti akibat kejadian tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.