Sukses

Ayo, Belajar Keselamatan Berkendara di Taman Pintar Jogja

Zona Keselamatan dan Berkendara di Taman Pintar Yogyakarta ini terbagi dalam dua area utama, indoor dan outdoor.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebuah wahana baru bernama Zona Keselamatan dan Berkendara hadir di Taman Pintar Yogyakarta. Peresmiannya dilakukan langsung Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Yogyakarta Sulistyo. Wahana ini menambah deretan sarana edukasi di area seluas 12.000 meter persegi.

Zona Keselamatan dan Berkendara di Taman Pintar Yogyakarta ini terbagi dalam dua area utama, indoor dan outdoor. Pada area indoor, pengunjung dapat menyaksikan tiga bagian utama, yaitu informasi seputar teori dan praktik safety riding, sejarah, serta perkembangan teknologi dan sepeda motor Honda. Termasuk, beragam kegiatan yang menggambarkan tanggung jawab sosial perusahaan.

Sementara pada arena outdoor, pengunjung Taman Pintar dapat melihat sekaligus melakukan praktik belajar berkendara aman dan benar di jalan raya. Yakni, melalui beragam rambu lalu lintas.

"Sebenarnya, kerja sama Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) dengan Taman Pintar sudah berlangsung sejak 2009, dimulai dari pembangunan dan pengoperasian Zona Teknologi Otomotif Roda Dua yang berada di Gedung Kotak lantai II Taman Pintar Yogyakarta," ucap I Putu Astawa selaku Ketua YAHM di Yogyakarta, Senin, 5 Desember 2016.

Melalui zona tersebut, tutur dia, pengunjung Taman Pintar dapat mempelajari teknologi dan perkembangannya yang ada di industri roda dua. Adapun Zona Keselamatan Berkendara dan Teknologi YAHM ini memiliki luas sekitar 656 meter persegi yang berada di area playground Taman Pintar Yogyakarta.

Taman Pintar merupakan wahana edukasi yang diresmikan pada 16 Desember 2008 oleh presiden saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono. Pembangunannya dilatarbelakangi keingingan untuk menghadapi realitas perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Serta, komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta dalam meningkatkan mutu pendidikan bagi masyarakat dan para pelajar.

Wahana baru di Taman Pintar Yogyakarta, Zona Keselamatan dan Berkendara. (Liputan6.com/Switzy Sabandar)

Taman Pintar dikenal tidak hanya secara nasional, namun juga internasional. Jumlah pengunjung yang tidak kurang dari satu juta orang setiap tahun membuat Taman Pintar menjadi sebuah science center atau pusat pembelajaran sains/ilmu pengetahuan yang telah berperan dalam menanamkan dan mengembangkan literasi sains masyarakat.

Dengan biaya pembangunan sebesar Rp 53 miliar, Taman Pintar berisi enam zona. Yakni, Gedung Memorabilia, Gedung Kotak lantai 2, Gedung Oval lantai 2, Gedung Oval lantai 1, Gedung PAUD barat dan timur, dan playground area.

Zona-zona di Taman Pintar Yogyakarta itu mempunyai beberapa wahana tersendiri. Misalnya, Taman Bermain, Penjelajah Kecil, Titian Penemuan, Petualangan Lingkungan, Jembatan Sains, Titian Sains, Indonesiaku, Tekhnologi canggih, dan Populer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.