Sukses

Menakjubkan, Matahari Terbit Pendarkan Cahaya Kuning Telur Asin

Banyak warga Tegal memburu pemandangan sunrise yang indah di tepi pantai.

Liputan6.com, Tegal - Pemandangan matahari terbit atau sunrise selalu memancarkan keindahan. Tak jarang orang rela bersusah payah untuk menyaksikan matahari terbit di titik-titik strategis seperti di puncak gunung.

Keindahan matahari terbit juga hadir di Pantai Utara (Pantura) Kota Tegal, Jawa Tengah. Anda bisa menyaksikannya dengan nyaman dan syahdu di Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal.

Pantai ini memiliki hamparan pasir hitam yang landai dan ombak yang relatif tenang. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang murah dan menyehatkan bagi keluarga.

Biasanya pantai ini mulai ramai dikunjungi masyarakat dan wisatawan lokal pada akhir pekan dan hari libur nasional. Untuk berburu sunrise di pantura Kota Tegal, masyarakat ataupun wisatawan harus datang ke pantai pagi-pagi.

Jika tidak mendung, terbitnya matahari bisa dinikamakti sembari duduk di anjungan sepanjang 100 meter ke arah laut. Bisa juga duduk di atas pasir hitam di bibir pantai sembari menikmati deburan ombak pantai.

Pemandangan sunrise di pantai ini memang cukup eksotis jika beruntung dan cuaca cerah. Mentari yang mulai menyembul di cakrawala laut dengan keelokanya menyapa dunia di pagi hari.

Dengan sinar mentari berwarna merah kuning telur asin, langit di pantura beberapa saat berubah warna menjadi merah dan dipercantik dengan gumpalan awan yang mulai nampak.

Pemandangan matahari terbit di pantai Tegal (Liputan6.com / Fajar Eko Nugroho)

Melihat pemandangan yang cukup menakjubkan seperti itu, pengunjung pun seolah tersihir akan kemunculan sang surya penerang dunia. Beberapa orang tak mau melewatkan kesempatan tersebut untuk mengabadikan dalam foto menggunakan ponsel dan tak lupa selfie.

Pantai Alam Indah

Wisata Pantai Alam Indah sangat mudah diakses, hanya berjarak 5 kilometer dari pusat kota atau hanya cukup ditempuh 10 menit baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Gerbang objek wisata yang berada tepat di jalur Pantura, tepatnya di Jalan Yos Sudarso, Kota Tegal, di timur Pelabuhan Tegal, akan langsung mengarahkan pengunjung menuju PAI.

Pemandangan matahari terbit di pantai Tegal (Liputan6.com / Fajar Eko Nugroho)

Salah seorang pengunjung Hernanda Amalia (20) mengatakan, sejak pukul 04.30 WIB sengaja mengunjungi Pantai Alam Indah ini untuk menyaksikan matahari terbit.

"Biar nggak ketinggalan momen sunrise, habis subuh harus langsung datang kesini. Lumayan bagus pemandanganya, nggak kalah sama di pantai Sanur di Bali," ucap Hernanda Amalia warga Randugunting Kota Tegal.

Menurut dia, situasi di Pantai Alam Indah ini sudah jauh berbeda dengan sebelumnya. Kini lebih aman, tertib, indah dan bersih. Bisa bebas menjelajah tanpa harus mewaspadai preman ataupun pengamen nakal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini