Sukses

Sambut Maulid Nabi, Warga Serbu Berkah Ancak Agung

Tradisi Ancak Agung ini merupakan gelaran turun menurun masyarakat Muslim di Situbondo memasuki Bulan Maulid.

Liputan6.com, Situbondo - Ribuan umat Muslim di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menggelar tradisi Ancak Agung dalam menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Tradisi Ancak Agung ini merupakan gelaran turun menurun masyarakat Muslim di Situbondo memasuki Bulan Maulid (peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW). "Sebagai bentuk syukur atas karunia yang diberikan oleh Allah," kata Bupati Situbondo Dadang Wigiarto di Situbondo, dilansir Antara, Jumat malam, 2 Desember 2016.

Ia mengatakan pemerintah daerah menfasilitasi tradisi itu untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap tradisi yang selama ini dilaksanakan. Hal itu, kata dia, karena mengingat kekuatan utama umat muslim adalah rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

Pemkab Situbondo, lanjut dia, merasa perlu untuk ikut ambil bagian dalam memperkuat tradisi tersebut dilakukan karena menyadari pentingnya membangun dan memperkokoh nilai-nilai spiritual dalam pelaksanaan pembangunan.

"Kami optimistis dengan kebersamaan untuk menguatkan tradisi Ancak Agung di Kota Santri ini bukan hal yang sulit, karena tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW selama ini sudah berkembang dengan baik di tengah masyarakat dan pemerintah daerah tinggal memfasilitasinya saja," kata dia.

Dalam pantauan, ribuan warga dari hampir semua desa di kabupaten setempat yang membawa ancak yang berisi berbagai macam hasil bumi, seperti pisang, wortel dan singkong serta yang lainnya yang sudah dibentuk sedemikian rupa berukuran kecil maupun besar diarak ke alun-alun kota, dan selanjutnya ribuan umat Muslim mebaca shalawat bersama.

Iring-iringan pawai Ancak Agung berisi berbagai hasil bumi tersebut juga menjadi tontonan warga sepanjang 1 kilometer. Ketika iring-iringan tiba di alun-alun, ancak berisi hasil bumi itu menjadi rebutan warga karena mereka meyakini makanan yang diperoleh dari Ancak Agung akan membawa berkah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini