Sukses

Top 3: Polisi Jaga Ketat Rumah Jokowi di Solo Saat Demo 212

Liputan6.com, Solo - Sebagai bentuk aksi damai 2 Desember, jutaan umat Islam dari berbagai organisasi kemasyarakatan pagi tadi memadati Silang Monas, Jakarta Pusat untuk menggelar salat Jumat bersama.

Ikut hadir dalam aksi tersebut, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. 

Aksi berlangsung tertib, aman, dan damai. Jutaan umat Islam dari berbagai ormas dan polisi berbaur serta kusyuk menjalankan ibadah.

Selain di Ibu Kota, aksi damai 2 Desember juga digelar di berbagai daerah. Salah satunya di kampung halaman Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah. 

Demi pengamanan, sejumlah polisi bersenjata laras panjang disiagakan di kediaman pribadi Jokowi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Hingga malam ini berita tersebut paling banyak menyita perhatian pembaca Liputan6.com di kanal Regional.

Kabar lainnya yang juga tak kalah disorot, pada Jumat (2/12/2016), perihal 2.000 intel bayangan yang disebar pada aksi damai 2 Desember di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Koordinator lapangan aksi tersebut mengungkapkan hal itu untuk mengantisipasi adanya penyusup yang masuk saat aksi damai sedang berlangsung.

Berikut berita-berita terpopuler yang terangkum dalam Top 3 Regional:

1. Rumah Pribadi Jokowi Dijaga Ketat Sambut Demo 2 Desember di Solo

Pasukan polisi bertugas mengamankan ring III dan kawasan sekitar rumah pribadi Jokowi di Solo. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Kapolresta Solo Kombes Ahmad Lutfi mengatakan, demo yang akan digelar di Solo pada Jumat (2/12/2016) menyebabkan sejumlah objek vital di Solo mendapatkan peningkatan pengamanan oleh petugas polisi. Di antaranya adalah titik objek lokasi demo seperti di Gladag dan objek vital VVIP yang merupakan kediaman pribadi Jokowi.

"Ada beberapa titik simpul yang pengamannya diperkuat, salah satunya pengamanan di sekitar rumah pribadi Pak Presiden di Sumber," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis, 1 Desember 2016.

Untuk pengamanan di kawasan tempat tinggal pribadi Presiden sudah ada prosedur standar, yakni pengamanan ring I oleh Paspampres, dilanjutkan pengamanan ring II oleh TNI, sedangkan ring III hingga luar diamankan polisi.

Selengkapnya...

2. 2.000 Intel Bayangan Awasi Penyusup Aksi Damai 2 Desember

Salah satu peserta aksi damai 212 di kawasan Monas, Jumat 2 Desember 2016. (Foto: Adrian Putra/Bintang.com)

Tak hanya pihak kepolisian yang menyebarkan personel intel untuk mengawasi penyusup dalam aksi damai Bela Islam jilid III di Sulawesi Selatan. Pihak Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) pun melakukan hal yang sama dengan menyebar intel bayangan selama aksi demo 212.

Mukhtar yang juga sebagai koordinator lapangan Aksi Damai 2 Desember di Kota Makassar tersebut menungkapkan pasukan yang disebar pihaknya berjumlah 2.000 orang.

"Kami siapkan itu untuk mengantisipasi adanya penyusup yang masuk jika aksi berlangsung," ujar dia.

Massa FUIB Sulsel yang turun dalam aksi damai hari ini ditaksir berjumlah puluhan ribu, terdiri atas berbagai organisasi kemasyarakatan dan organisasi agama Islam.

Selengkapnya...

3. Salam Selamat Pagi dari Ruas Tol Terelok di Indonesia

Pemandangan tol Semarang - Bawen dari Gedawang

Ruas Tol Semarang-Bawen merupakan salah satu jalan raya dengan pemandangan terindah di Indonesia. Keindahan ruas tol ini mulai terasa begitu kita lepas dari gerbang Tol Banyumanik.

Di ruas ini, jalanan mulai membelah perbukitan dan kebun yang dikelola oleh Perhutani.

Berikutnya, mata kembali dimanjakan dengan pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, dan juga Gunung Telomoyo.

Selengkapnya...