Sukses

Gangguan Pembangkit Listrik, Wilayah Pantura Barat Jateng Gulita

Selain di Tegal dan Brebes, listrik juga padam di wilayah Pemalang dan Pekalongan.

Liputan6.com, Tegal - Aliran listrik di wilayah pantura barat mulai dari Kabupaten Brebes bagian selatan, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, dan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, padam. Listrik padam ini akibat gangguan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mrica di Banjarnegara dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Cilacap.

Kepala PLN Area Tegal-Brebes Sutedjo mengungkapkan, pemadaman listrik di wilayah pantura termasuk Tegal, Brebes dan sekitarnya akibat gangguan pada jaringan pembangkit listrik di PLTA Mrica dan PLTU Cilacap.

"Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya atas padamnya listrik sekarang ini," ucap Sutedjo kepada Liputan6.com, Rabu (30/11/2016) malam.

Selain di Tegal dan Brebes, listrik padam di wilayah Pemalang dan Pekalongan. "Informasinya juga di wilayah Pemalang hingga Pekalongan listrik padam," dia menambahkan.

Sedangkan di wilayah Brebes Kota tidak padam lantaran suplai listrik dari wilayah Jawa Barat. Tedjo menyebutkan, sejauh ini belum diketahui sampai kapan listrik di wilayah pantura itu padam.

Namun, PLN sedang mengupayakan percepatan pemulihan untuk melokalisasi wilayah yang terkena dampak padam. "Kami juga mengimbau kepada pelanggan yang tidak terkena dampak pemadaman agar menggunakan listrik dengan bijak dan seperlunya untuk menjaga kestabilan pasokan listrik," kata dia.

Bagi pelanggan yang mempunyai genset, lanjut Tedjo, agar mengaktifkannya sebagai antisipasi pemadaman.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Liputan6.com, listrik padam lantaran gangguan pada APD unit 1 di PLTA Mrica Banjarnegara dan Unit 1 dan 3 di PLTU Cilacap.

Hervika Agusthia (26) warga Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, mengatakan listrik mulai padam sekitar jam tujuh malam. "Tiba-tiba listriknya mati tadi sekitar pukul 19.30 WIB. Memang dalam sepekan terakhir ini listrik sering padam," ucap Hervika.

Hal senada diungkapkan, Mukidin (58) warga Tonjong Kabupaten Brebes. Di saat cuaca sedang hujan lebat tiba-tiba listrik padam sekitar pukul 19.35 WIB. "Saat listrik mati tadi kondisi hujan lebat, sampai sekarang pukul 21.15 WIB malam listrik masih mati," kata Mukidin.

Faiz (28) warga Kabupaten Tegal juga mengatakan hal serupa. Listrik padam di kediamannya terjadi sekitar dua jam yang lalu. "Kenapa listrik padam cukup lama begini, sudah hampir dua jam gelap-gelapan. Saya tadi ditelepon teman di Pemalang dan Pekalongan, kok mati juga."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.