Sukses

Aksi Nusantara Bersatu di NKRI Mini

Liputan6.com, Biak - Berbagai elemen masyarakat dan forum pimpinan daerah Biak, Papua mengikuti kegiatan Nusantara Bersatu. Kegiatan tersebut dalam rangka menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kegiatan dipusatkan di Makodim1708 Biak, Rabu (30/11/2016) diawali dengan orasi kebangsaan dan bhineka tunggal Ika menyatukan wilayah Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Ikut menyampaikan orasi kebangsaan Wakil Bupati Herry Ario Naap, Kapolres AKBP Hadi Wahyudi, Dandim 1708 Letkol Czi Suhendra Gunawa, Ketua DPRD Zeht Sandy, Tokoh masyarakat Nusantara seluruh Indonesia.

Dandim 1708 Biak Letkol Czi Suhendra mengajak warga berbagai suku agama ras antargolongan dan etnis terus menjaga kebhinekaan, NKRI, Pancasila, UUD 1945 menjadi milik bersama.

Sementara itu, Ketua DPRD Zeth Sandy mengingatkan rumah besar NKRI harus dijaga bersama karena merupakan perekat persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Di hadapan prajurit TNI/Polri dan warga Biak, Ketua Zeth Sandy minta aparat bertindak tegas terhadap ormas radikal dan tidak memiliki dasar Pancasila untuk dibubarkan.

"Jangan pernah berpikir untuk memprovokasi keadaan tapi kita harus jaga Indonesia rumah kita bersama," kata politikus Nasdem itu, seperti dikutip dari Antara.

Wakil Bupati Herry Ario Naap mengatakan Kabupaten Biak Numfor merupakan wilayah mini NKRI. "Toleransi kerukunan umat beragama sangat harmonis dan bersama menjaga keutuhan NKRI," ujar dia.

Kegiatan Nusantara Bersatu dimeriahkan dengan lagu-lagu perjuangan sebagai penyemangat acara.