Sukses

Bangun 3 Area Baru, Gembira Loka Zoo Bakal Lebih Ramah

Selain memanjakan pengunjung, pengelola Gembira Loka Zoo memberikan ruang memadai bagi hewan untuk merasakan suasana habitat aslinya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kebun Binatang Gembira Loka Zoo (GLZ) di Yogyakarta, kian berbenah. Pengelola segera mengembangkan pembangunan tiga area baru bagi hewan koleksi mereka.

"Ada tiga area baru yang segera dibangun dalam waktu dekat," ucap Pelaksana tugas (Plt) Manager Marketing GLZ, Agnes Armi, saat ditemui di GLZ, Yogyakarta, Minggu, 27 November 2016, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, rencana pembangunan tiga area baru tersebut ditujukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan GLZ kepada masyarakat, sekaligus memberikan ruang memadai bagi hewan untuk merasakan suasana habitat aslinya.

Selain itu, Agnes mengemukakan, rencana pembangunan area baru tersebut juga sebagai bentuk inovasi GLZ dalam memberikan pengalaman baru bagi pengunjung dengan menghadirkan area beserta satwa baru.

Pertama, menurut dia, pembangunan Stratch Zone yang sedang dibangun tahun 2016 hingga 2018 mendatang. Stratch Zone merupakan area khusus mamalia karnivora seperti singa, harimau, macan dahan, dan beruang madu.

Kedua, imbuh Agnes, pembangunan Sentral Servis yang sedang dikerjakan pada 2016 hingga 2017 merupakan pusat pelayanan pengunjung yang terdiri atas poliklinik, toilet umum maupun bagi penyandang kebutuhan khusus (difabilel), halte transportasi keliling (taring), kuliner dan ruang laktasi.

Ketiga, menurut dia, pembangunan kandang unta pada 2017 bersuasana Timur Tengah dan dihiasi bangunan replika piramid.

Agnes menambahkan, sebagai bentuk pelayanan kepada pengunjung berusia lanjut dan kalangan berkebutuhan khusus, maka GLZ juga menyediakan kursi roda bagi yang membutuhkan.

Adapun Kebun Binatang Gembira Loka dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada 1933. Saat itu diberi nama Kebon Rojo (kebun raja).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.