Sukses

2 Gempa Guncang Saat Pagi, Warga Tambrauw Papua Barat Panik

Dua gempa bumi ini berkedalaman dangkal, namun tidak berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Sorong - Gempa bumi dua kali mengguncang Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat, Minggu pagi tadi. Alhasil, sebagain warga setempat panik dan berhamburan keluar rumah.

"Sebanyak dua kali kami merasakan guncangan gempa bumi sekitar pukul 08.00 WIT yang membuat kami panik," ucap Karlos, warga Tambrauw yang dihubungi dari Sorong, Papua Barat, Minggu (27/11/2016), seperti dilansir Antara.

Menurut dia, guncangan pertama maupun kedua dirasakan cukup kuat dan waktunya sekitar dua menit. Warga pun ketakutan dan keluar rumah guna mewaspadai bangunan yang rusak atau ambruk.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sorong Andri Wijaya saat dihubungi terkait gempa tersebut mengatakan, telah terjadi dua kali gempa di Kabupaten Tambrauw.

Gempa pertama, kata dia, berkekuatan 4,5 skala Richter terjadi pukul 08.03 WIT pada titik 40 kilometer barat laut Kabupaten Tambrauw dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa susulan berkekuatan 4,3 SR terjadi pukul 08.38 WIT lokasi gempa 0.22 Lintang Selatan dan 132.56 Bujur Timur yang terletak 40 km barat laut Kabupaten Tambrauw dengan kedalaman 10 kilometer.

Berdasarkan kedalaman, lanjut dia, gempa bumi tersebut termasuk gempa dangkal dan tidak berpotensi tsunami. Namun, masyarakat diminta untuk waspada kemungkinan terjadinya gempa susulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini