Sukses

Top 3: Bangkai Pesut Raksasa Dibagi-bagikan ke Warga

Liputan6.com, Kayong Utara - Dua pesut raksasa yang masing-masing memiliki berat 40 kilogram dan 90 kilogram bikin gempar para nelayan di perairan Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Saat ditemukan kedua satwa berjenis mamalia ini dalam keadaan mati. Diduga hewan ini tersangkut jala nelayan ketika sedang menjaring ikan.

Bangkainya kemudian dibawa ke pasar, lalu dibagi-bagikan ke masyarakat. Hingga malam ini berita tersebut paling banyak menyita perhatian pembaca Liputan6.com, terutama di kanal Regional.

Berita lainnya yang tak kalah disorot, Sabtu (26/11/2016), perihal ATM buatan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB). Uniknya, ATM ini malah mengeluarkan beras bukan uang.

Ditambah lagi tidak semua orang bisa menggunakan mesin ini. Hanya mustahiq atau penerima zakat yang bisa mengambil beras dari ATM. Itu pun setelah diberi kartu ATM.

Sementara itu, kampung Gubernur Zumi Zola diserbu ribuan burung migran dari Serbia. Ribuan burung ini memulai perjalanannya dari Siberia menuju Selandia Baru kemudian berlanjut ke Pantai Cemara.

Berikut berita-berita terpopuler yang terangkum dalam Top 3 Regional:

1. 2 Pesut Raksasa Terdampar di Pantai, Dagingnya Dibagikan ke Warga

Padahal, pesut termasuk hewan dilindungi menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 dan PP No 7 Tahun 1999. (Liputan6.com/Raden AMP)

Warga Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, heboh setelah dua pesut terdampar di perairan Kayong Utara.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat, Sustyo Iriono menuturkan, mamalia laut nahas itu tersangkut jala nelayan bernama Hendy, warga Dusun Besar, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

"Menurut keterangan yang bersangkutan, satwa tersebut tersangkut jala ketika sedang menjaring ikan sekitar jam 01.00 WIB di sekitar Pulau Juante dalam keadaan mati," kata Sustyo kepada Liputan6.com, Kamis, 24 November 2016.

"Oleh warga, satwa dipotong-potong dan dibagikan ke masyarakat," ujar dia.

Selengkapnya...

2. Bukan Duit, ATM di Kota Bandung Ini Mengeluarkan Beras

ATM spesial di Kota Bandung itu melayani 24 jam. (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Mesin anjungan tunai mandiri (ATM) biasanya digunakan oleh seseorang untuk mengambil uang tunai yang tersimpan di tabungan.

Namun di tangan salah satu alumni pengurus Rumah Amal Salman Institut Teknologi Bandung (ITB), Budiaji, ATM ini bisa mengeluarkan beras.

"Cara kerjanya mudah, mustahiq yang sudah memiliki kartu bisa mengambil beras dengan menempelkan kartu di mesin ATM dan keluar 2 liter beras," kata Manajer Penelitian dan Pengembangan Rumah Amal Salman ITB Romi Hardiyansyah saat ditemui di kantornya, Jumat (25/11/2016).

Mesin yang diberi nama ATM Beras ini mulai beroperasi pada Selasa, 22 November 2016 lalu di area Masjid Salam ITB. Tepatnya di depan kantor Rumah Amal Salman, Jalan Ganesha No 7 Kota Bandung.

Selengkapnya...

3. Ribuan Burung dari Siberia 'Serbu' Kampung Zumi Zola

Burung migran di Pantai Cemara Jambi (Bangun Santoso/Liputan6.com)

Ribuan burung migran mulai mendatangi pesisir timur Jambi, tepatnya di pantai timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim).

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Tanjabtim Heri Widodo mengatakan, daerah destinasi burung migran itu berada di Pantai Cemara, Kecamatan Sadu atau sekitar 195 kilometer dari Kota Jambi.

Ribuan burung ini memulai perjalanannya dari Siberia menuju Selandia Baru kemudian berlanjut ke Pantai Cemara.

Keberadaan burung migran tersebut cukup banyak mengundang minat wisatawan datang ke Kabupaten Tanjabtim. Yang notabene adalah kampung halaman keluarga besar Gubernur Jambi, Zumi Zola.

Selengkapnya...