Sukses

Keren, Sirkuit Motor Cross Bertaraf Internasional di Brebes

Pemkab mengucurkan anggaran sebesar Rp 12 miliar untuk pengembangan sejumlah objek wisata yang ada, termasuk di Pantai Randusanga Indah.

Liputan6.com, Brebes - Masyarakat Kabupaten Brebes kini patut berbangga diri, sebab akan memiliki sirkuit motor cross berstandar internasional. Sirkuit tersebut dibangun di kawasan Obyek Wisata (OW) Pantai Randusanga Indah Brebes itu menelan biaya Rp 2,1 miliar.

Rencananya sirkuit akan resmi dibuka untuk umum pada Minggu 27 November 2016 mendatang. Peresmian tersebut, bersamaan dengan dilaksanakannya Kejuaraan Grasstrack tingkat nasional seri terakhir yang akan diikuti ratusan crosser dari seluruh pelosok nusantara.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes, Amin Budi Raharjo mengatakan, pembangunan sirkuit motor cross ini merupakan bagian dari pengembangan obyek wisata di Kabupaten Brebes.

Pada 2016, ia menambahkan, Pemkab mengucurkan anggaran sebesar Rp 12 miliar untuk pengembangan sejumlah objek wisata yang ada, termasuk di Pantai Randusanga Indah.

"Dari total anggaran Rp 12 miliar, sebesar Rp 2,1 miliar kami alokasikan untuk pembangunan sirkuit motor cross guna mendukung kunjungan ke objek wisata Pantai Randusanga Indah, sekaligus menjadi wadah bagi olahraga motor di Brebes dan sekitarnya," ucap Amin Budi Raharjo kepada Liputan6.com, Kamis (24/11/2016).

Ia menerangkan, jika sirkuit itu dibangun di atas lahan seluar 6 hektare (ha) yang merupakan milik daerah. Sedangkan panjang lintasan mencapai 1,3 kilometer dengan berbagai rintangan untuk motor cross.

"Sirkuit ini ke depan juga akan dikelola sendiri karena milik Pemda Brebes," ungkap dia.

Selain itu, sejumlah fasilitas pendukung lainnya juga telah dibangun dan siap digunakan, seperti kamar mandi dan toilet. "Nilai tambah dari sirkuit ini juga mempunyai pemandangan yang indah, karena lokasinya tepat berada di tepi pantai laut Jawa. Sehingga pemandangan hamparan pantai dengan pepohonan cemara menambah eksotisme sirkuit ini," jelas dia.

Hingga kini, kata Amin, proses pembangunan sirkuit motor cross sudah mencapai 99 persen. "Sesuai target, sirkuit akan selesai dalam minggu ini dan akan digunakan langsung untuk kejuaraan nasional Grasstrack," ujar dia.

Menurut dia, adanya kejuaraan grasstrack ini diharapkan juga akan semakin mengenalkan Brebes ke masyarakat luas.

"Diharapkan dengan kegiatan kejuaraan grasstrack ini dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Karena masyarakat yang berjualan di sekitar obyek wisata dan sirkuit akan semakin laku dagangannya," kata dia.

Sesuai dengan rencana, pembukaan kejuaraan grasstrack tingkat Nasional seri terakhir ini akan dibuka langsung Plt Bupati Brebes Budi Wibowo. "Memang kalau sesuai rencana sirkuit ini akan dibuka oleh Plt Bupati Brebes," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini