Sukses

Gempa 5,0 SR Guncang Alor NTT, Warga Berhamburan ke Luar Rumah

Hasanudin menambahkan, ditinjau dari kedalaman hiposensternya, gempa ini cukup dangkal akibat aktivitas patahan lokal.

Liputan6.com, Kupang - Gempa berkekuatan 5,0 Skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sekitarya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa terjadi pada pukul 18.34 Wita, dengan titik koordinat 8.68 Lintang Selatan dan 124.53 Bujur Timur, di kedalaman 10 km dasar laut.

Guncangan kuat dirasakan di Mali dan Kalabahi, dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau (III-IV MMI). Artinya, cukup gempa cukup dirasakan warga.

"Di daerah ini guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh orang banyak. Bahkan beberapa warga berhamburan ke luar untuk menyelamatkan diri," ujar kepala BMKG NTT Hasanudin kepada Liputan6.com, Senin malam (21/11/2016).

"Sampai saat ini, belum ada laporan adanya kerusakan akibat guncangan gempa bumi," sambung dia.

Menurut Hasanudin, hingga saat ini belum terjadi aktivitas gempa susulan. "Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG."

"Khusus masyarakat di daerah pesisir selatan Kabupaten Alor di himbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," sambung Hasanudin.

Hasanudin menambahkan, ditinjau dari kedalaman hiposensternya, gempa ini cukup dangkal akibat aktivitas patahan lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • NTT