Sukses

Pilot F-16 Indonesia Adu Tangkas dengan Singapura, Canggih Mana?

Mereka menunjukkan kebisaan masing-masing di langit Pekanbaru selama dua minggu.

Liputan6.com, Pekanbaru - Pilot pesawat F-16 asal Singapura beradu ketangkasan dengan pilot TNI AU di langit Pekanbaru, Riau. Hal itu dalam rangka latihan tempur bersama yang berlangsung mulai hari ini, Senin (21/11/2016) dan berakhir pada 2 Desember 2016 nanti.

Menurut Komandan Wing Udara 6 Lanud RSN Kolonel Pnb Deni H Simanjuntak, latihan bersama Republic Of Singapore Air Force (RSAF) dan lima F-16 Fighting Falcon Block A/B TNI AU dari Skuadron Udara 16 bertujuan meningkatkan kemampuan tempur masing-masing ‎negara.

"Secara keseluruhan, latihan gabungan ini melibatkan 300 personel dan 10 pesawat, di mana lima dari Singapura, lima dari Indonesia," kata dia usai pembukaan latihan bersama di Lanud.

Dia menyebutkan, Singapura dalam latihan ini menurunkan pesawat F-16 Fighting Falcon Block C/D, sementara Indonesia menerbangkan F-16 Fighting Falcon Block A/B TNI AU dari Skuadron Udara 16.

"Yang dilibatkan mulai dari penerbang atau pilot, kru penerbang dan pasukan di darat," kata Deni.

Deni menerangkan, pesawat tempur F16 dari RSAF telah parkir di Hanggar Charlie Lanud RSN Pekanbaru. Sementara, ratusan kru juga sudah tiba menggunakan pesawat Hercules militer udara Singapura.

"Latihan dilakukan di dua wilayah, yaitu Kota Pekanbaru dan ‎wilayah udara Singapura," kata dia.

Dia menerangkan, sejumlah skema latihan telah disiapkan kedua militer udara tersebut. Di antaranya adalah taktik bersama-sama menggempur musuh dari udara atau air to air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini