Sukses

Polwan Cantik di Operasi Zebra 2016

Dalam Operasi Zebra, polisi juga mengawasi ban gundul.

Liputan6.com, Maros - Operasi Zebra tahun 2016 sudah berjalan empat hari. Berbagai upaya dilakukan jajaran Polda Sulsel agar operasi tahunan itu mendapat dukungan dan simpati masyarakat. Salah satunya seperti yang dilakukan Polres Maros, Sulsel.

Selain bersifat humanis kepada pengguna jalan raya yang terjaring razia, Polres Maros juga mengerahkan personel polisi wanita ([polwan](2654303/ "")) yang terbilang cantik untuk meredakan suasana tegang di bawah terik panas matahari di siang hari.

"Operasi zebra bertujuan menekan angka kecelakaan di jalan raya. Petugas memberlakukan sikap humanis bagaimana menyadarkan para pengguna jalan untuk tidak menjadi bagian faktor penyebab terjadinya kecelakaan," kata Kanit Turjawali Polres Maros Ipda Sofyanto di sela Operasi Zebra di Jalan Poros Maros, Minggu 20 November 2016. 

Dalam operasi itu, Sofyanto bersama anggotanya meminta para pengendara yang melintas di Jalan Poros Maros supaya melengkapi kendaraannya dan tidak bermuatan berlebihan.

"Yang melanggar kita tetap tilang, tapi dengan cara-cara yang lebih persuasif di mana ketika mereka sadar akan pelanggarannya setelah diberi arahan, mereka langsung dengan kesadarannya tidak mempermasalahkan untuk ditilang sebagai efek jera dan pembelajaran," ucap Sofyanto.

Namun kali ini, diakui Sofyanto, pihaknya sedang fokus pada pengawasan penggunaan ban kendaraan yang gundul. Hal itu, menurutnya, menjadi faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya.

"Sangat berbahaya jika kendaraan menggunakan ban yang gundul karena rawan sebabkan kecelakaan lalu lintas," ujar Sofyanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.