Sukses

Warga Cilacap Bisa Lintasi Jembatan Apung Pertama 2 Minggu Lagi

Jembatan itu menghubungkan desa di Cilacap ke pulau terluar Nusakambangan.

Liputan6.com, Cilacap – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal meresmikan jembatan apung pertama di Indonesia pada 1 Desember. Jembatan ini nantinya menghubungkan Desa Ujung Alang menuju Klaces Kampung Laut yang berbatasan dengan pulau terluar Nusakambangan.

"Jembatan sudah dirakit di jalan desa dan siap dipasang di atas perairan," kata pimpinan proyek Jembatan Apung Kampung Laut, Nazib Faizal, Jumat, 18 November 2016.

Menurut Nazib, begitu dipasang di jalurnya, jembatan ini secara teoritis bisa langsung digunakan masyarakat. Namun, masih diperlukan beberapa pekerjaan untuk menyempurnakan posisi dan kekuatan jembatan.

Antara lain, pemasangan pancang yang berfungsi sebagai pengait supaya jembatan ini relatif aman dan stabil dari arus laguna dan pasang surut air laut.

Lebih lanjut, Nazib mengatakan saat ini pihaknya juga tengah mengerjakan abutment atau pondasi pilar pada masing-masing sisi jembatan. Berbeda dengan material pondasi apung (ponton) yang dibuat dari campuran komposit, styrofoam dan cor beton sehingga bisa mengapung, abutment jembatan dibangun dengan material biasa.

"Yakni, pasir, semen dan batu koral. Saat ini, pembangunan abutment sudah mendekati 100 persen," kata dia.

Nazib menambahkan, sebelum tanggal 1 Desember 2016, jembatan akan melakukan serangkaian uji coba, antara lain kekuatan, keseimbangan dan daya tahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.