Sukses

Korban Pohon Tumbang di Bandung, Pengendara Motor Bisa Bicara

Pengendara motor mengalami luka robek di kepala dan diduga juga mengalami patah kaki.

Liputan6.com, Bandung - Sebuah pohon tumbang di pinggir Jalan Kopo, Kota Bandung, dekat Pos Lanud Sulaeman, menimpa pengendara motor bernopol D 4023 ZBJ. Pengemudi seorang perempuan mengalami luka robek di kepala dan diduga patah kaki, sedangkan penumpang yang masih anak-anak mengalami patah kaki.

"Keadaan terakhir saat dievakuasi masih bisa bicara. Korban awalnya dibawa ke Rumah Sakit TNI AU tapi kini dirujuk ke RS Soreang," kata Koordinator Humas dan Protokoler Basarnas Provinsi Jawa Barat Joshua Banjarnahor dalam keterangan tertulis di Bandung, Sabtu (19/11/2016).

Insiden itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Menurut Joshua, kondisi cuaca saat itu relatif cerah dan tidak ada angin kencang. Pohon diduga tumbang akibat kondisi akar yang tidak mampu menahan.

Sementara itu, anggota Damkar Kota Bandung, Deden menuturkan pihaknya ditelepon Damkar Soreang yang meminta bantuan alat snorkel untuk memangkas pohon tersebut sebelum insiden terjadi. Tim langsung bekerja dengan memangkas bagian atas pohon terlebih dulu.

Saat truk kontainer beranjak membawa hasil pangkasan, kondisi jalan mendadak penuh dilintasi kendaraan. Padahal, proses pemangkasan belum selesai.

"Tidak lama kemudian, jalan sudah dipenuhi kendaraan. Dan akhirnya, pohon rubuh menimpa pengendara motor. Padahal, kita mau papas habis pohon itu," kata Deden.

Setelah berhasil mengevakuasi korban, petugas Damkar selanjutnya membersihkan sisa pohon tumbang. Berdasarkan pengamatan, akar pohon sudah keropos.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini