Sukses

BMKG: Gempa Malang 6,2 SR Tidak Potensi Tsunami

Gempa Malang termasuk gempa kuat.

Liputan6.com, Malang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Richter yang berpusat di radius 127 kilometer tenggara Kabupaten Malang, Jawa Timur, dengan kedalaman 69 kilometer, Rabu malam, tidak berpotensi tsunami.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," terang Kepala Stasiun BMKG Stasiun Karangkates Musripan, dalam keterangan resminya, Rabu (16/11/2016), dilansir Antara.

Dia mengimbau masyarakat untuk tidak panik, tetap tenang, dan mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Hasil analisis BMKG, gempa yang terjadi di titik ordinat 9.32 Lintang Selatan (LS), 113.12 Bujur Timur (BT), tenggara Kabupaten Malang itu diperkirakan adalah aktivitas subduksi antara lempeng Indo-Australia yang menunjam lempeng Eurasia.

"Terkait dengan peristiwa gempa bumi Malang yang baru saja terjadi, hingga laporan disusun pada pukul 22.30 WIB belum ada aktivitas gempa susulan," kata dia.

Musripan menjelaskan, gempa bumi terjadi pada pukul 22.10:11 WIB dengan kekuatan magnitude mencapai 6,2 skala Richter. Gempa itu tergolong gempa kuat.

Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi/guncangan dirasakan warga cukup kuat di daerah Malang, Yogyakarta, Lumajang, Jember.

"Di daerah ini guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang," kata dia.

Belum ada laporan korban jiwa atau kerusakan akibat gempa bumi tersebut. Sejumlah lembaga BMKG di masing-masing daerah terdampak gempa seperti Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Pacitan, Ponorogo, Kediri hingga Surabaya dan Jember-Lumajang saat ini dilaporkan masih terus melakukan pemantauan serta kesiapsiagaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini