Sukses

Ratusan Hektare Sawah Terendam Banjir, Petani Karawang Menjerit

Sebelumnya, banjir di Karawang memaksa 13 ribu warga mengungsi.

Liputan6.com, Karawang - Banjir masih menimbulkan penderitaan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Selain menggenangi permukiman dan sejumlah perumahan, banjir terdampak luapan Sungai Citarum dan Cibeet turut merendam 100 lebih hektare sawah.

"Luas areal sawah yang terendam banjir itu baru pendataan awal yang telah dilakukan petugas lapangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," ucap Kepala BPBD Kabupaten Karawang, Asip Suhendar, Rabu (16/11/2016).

Bila dua sungai besar di Karawang tersebut kembali meluap, Asip mengkhawatirkan areal sawah yang terendam banjir bakal meluas. Berdasarkan data awal, Asip mengungkapkan, sekitar 133 hektare sawah terendam banjir.

Lokasinya tersebar di Kecamatan Telukjambe Barat dan Telukjambe Timur. Untuk menangani persawahan yang terendam banjir, BPBD Karawang berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Perkebunan Kehutanan dan Peternakan setempat.

Sejauh ini, menurut Asip, banjir telah melanda 12 desa atau kelurahan yang tersebar di lima kecamatan. Sebanyak 5.789 rumah yang terendam, sedangkan 13 ribu warga mengungsi akibat banjir Karawang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini