Sukses

Rahasia Laris Manis Gudeg Yu Djum Yogya nan Legendaris

Salah satu pelanggan Gudeg Yu Djum adalah Sultan HB IX yang tak segan beli sendiri ke warungnya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gudeg Yu Djum bukan sekadar warung gudeg kebanyakan. Selain rasanya yang tidak berubah sejak pertama kali berdiri pada 1950-an, pelanggannya pun bukan orang sembarangan.

"Sultan HB IX sering sekali beli ke sini, datang langsung, walaupun beli sebungkus juga tetap ke sini," ujar Tri Widodo (61), menantu Yu Djum dari anak sulungnya.

Suami dari Haryani itu juga menceritakan beberapa orang terkenal yang rajin menyambangi warung gudegnya ketika mereka sedang berada di Jogja. Dorce, misalnya, pernah tertidur di lincak -kursi bambu- yang terdapat di Gudeg Yu Djum.

Ada pula Trie Utami yang suka sekali melayani sendiri pesanannya. Pengacara Adnan Buyung Nasution, kata dia, juga menjadi pelanggan setia di sini saat masih hidup.

"Memang kami tidak pasang foto-foto orang terkenal di warung, tetapi ya ada saja yang menjadi pelanggan," kata Tri.

Ia mengungkapkan resep khusus dan keterbukaan kepada pengunjung yang mau melihat dapur Gudeg Yu Djum menjadi salah satu ciri khas kuliner yang didirikan oleh almarhumah Djuwariyah. Tri juga menambahkan, pendiri rumah makan ayam goreng tersohor di Jogja, Suharti, dulu juga belajar ke ibu mertuanya.

Salah satu pesan mertua yang paling diingat, tutur dia, adalah menjual gudeg dengan harga yang disesuaikan kocek pembeli. "Pesannya simbok, mbok piro wae didoli, mesakke (mau berapa saja ya dijuali, kasihan)," ujar dia menirukan sang ibu mertua.

Yu Djum atau Djuwariyah, sang pendiri Gudeg Yu Djum di Yogyakarta baru saja tutup usia di RS Bethesda, Senin (14/11/2016) karena sakit. Rencananya, ia dimakamkan di Permakaman Bendo Karangmalang, Selasa (15/11/2016) pukul 14.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini