Sukses

Banjir Bandung, 17 Pasien RS Cicendo Sempat Dirawat di Genangan

Hanya butuh sejam untuk banjir menggenangi RS Cicendo Bandung dan sejam pula untuk surut.

Liputan6.com, Bandung - Rumah Sakit Mata Cicendo sempat terendam banjir usai hujan deras yang mengguyur Kota Bandung, Minggu sore, 14 November 2016. Satu lantai berisi beberapa kamar pasien rawat inap sempat terendam banjir sekitar 10 cm. Bahkan, lantai bawah tanah tempat parkir sepeda motor karyawan tergenang air setinggi 30 sentimeter.

Direktur Utama RS Mata Cicendo Irayanti mengatakan kejadian tersebut berlangsung begitu cepat. Dalam hitungan jam, ruangan rawat inap sudah tergenang banjir. Saat itu terdapat 17 pasien yang tengah dirawat.

"Hanya sejam sudah banjir, tapi sejam setelah itu sudah nggak banjir lagi. Hanya basement (parkir sepeda motor karyawan) yang agak lama karena harus dibantu dengan Dinas Bina Marga untuk membuang air. Tapi sekarang, sudah nggak ada genangan," ucap dia saat ditemui di ruangannya, Senin (14/11/2016).

Ia mengatakan kejadian yang berlangsung pada akhir pekan membuat korban terdampak banjir Bandung tidak terlalu banyak. "Basement parkir juga nggak terlalu banyak," kata dia.

Irayanti menuturkan, kejadian itu kemungkinan disebabkan curah hujan yang tinggi sehingga saluran air tidak mampu menahan volume air yang besar. Kini, seluruh pasien sudah dipindahkan ke lantai 2.

"Ke depan, kita akan penuhi kamar rawat inap di lantai 2 dan 3 terlebih dahulu. Selain itu, memang lantai 1 rawat inap menjadi lantai terendah setelah basement," kata Irayanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini