Sukses

Citarum Meluap Hingga 2 Meter, 2 Perumahan di Karawang Terendam

Banjir mulai memasuki perumahan warga Karawang sejak Minggu malam, 13 November 2016.

Liputan6.com, Karawang - Ratusan rumah warga di Perum Bintang Alam dan Perum Karaba di Kecamatan Teluk Jambe, Kabupaten Karawang, Jawa Barat terendam banjir. Warga menyatakan, banjir mulai memasuki perumahan sejak Minggu malam, 13 November 2016, hingga Senin pagi setelah Sungai Citarum yang melintasi kedua perumahan itu meluap.

"Parahnya tadi pagi setelah debit air di Citarum semakin tinggi," kata Oland Sibarani, salah seorang warga di Perumahan Karaba, Senin (14/11/2016).

Saat ini, ketinggian banjir di Perum Karaba antara 50 hingga satu meter. Warga mulai mengevakuasi seluruh harta benda dan mencari lokasi aman seperti masjid.

Sedangkan di perumahan Bintang Alam, ketinggian banjir saat ini berkisar antara satu hingga dua meter. Warga korban banjir mulai mengungsi meski beberapa di antaranya masih bertahan dengan menempati lantai dua rumah mereka.

"Kalau yang mengungsi ada yang ke rumah saudara, ada juga yang membuat tenda di lapangan yang terbilang aman," kata Yanto, warga setempat.

Sementara, meluapnya aliran Sungai Citarum disebabkan curah hujan dengan intensitas tinggi di daerah hulu serta kabar mengenai terus meningkatnya debit air di Waduk Juanda Jatiluhur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini