Sukses

Bandung 'Panen' Pohon Tumbang

Paling tidak ada 16 kawasan atau jalan di Kota Bandung, yang terdapat pohon tumbang.

Liputan6.com, Bandung - Banjir kembali terjadi di sejumlah kawasan Kota Bandung, Jawa Barat. Bukan hanya banjir, angin kencang dibarengi turunnya hujan dengan intensitas tinggi membuat banyak pohon di beberapa kawasan Kota Bandung, tumbang.

Di Jalan Komodor Udara Supadio, Cicendo, Bandung, misalnya. Pohon tumbang diduga disebabkan gemburnya tanah karena tergenang banjir yang meluap ke jalan dan permukiman akibat saluran air tak sanggup lagi menampung.

Hujan deras disertai angin kencang menumbangkan banyak pohon di beberapa kawasan Kota Bandung. (Foto: Istimewa/Hanie Ravilie/Arie Nugraha)

Salah seorang warga, Hanie Ravily Utarie mengatakan, tidak seperti biasanya tempat tinggalnya diterjang banjir. Padahal, ia telah tinggal di kawasan tersebut selama puluhan tahun.

"Banjirnya masuk ke dalam rumah setinggi 20 sentimeter. Bahkan di depan gang masuk ada pohon yang tumbang," ucap Hanie di Bandung, Minggu (13/11/2016).

Hanie menjelaskan di jalan utama yang menembus ke Stasiun Kereta Api Andir itu beberapa pohon tumbang. Diduga, pohon tumbang diterpa angin kencang dan
akarnya tercerabut akibat gemburnya tanah.

Tak hanya di Jalan Komodor Udara Supadio. Paling tidak ada 16 kawasan atau jalan yang terdapat pohon tumbang. Kejadian pohon tumbang juga disebutkan oleh Kepala Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara kepada Liputan6.com.

Menurut Ferdi, lebih dari 15 lokasi di Jalan Kota Bandung pada hari ini terjadi pohon tumbang berbarengan waktunya dengan datangnya angin kencang dan turunnya hujan dengan intensitas tinggi.

Pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang menghantam sedan di Kota Bandung. (Twitter/‏‏@farisahasnanto)

"Mohon maaf untuk dihindari jalan tersebut sementara karena kami sedang menangani pohon tumbang," kata Ferdi dalam keterangan tertulis, hari ini.

Berikut daftar jalan yang terdapat pohon tumbang di Kota Bandung:

1. Jalan Pagarsih
2. Jalan Sukajadi samping Polsek depan pertokoan PVJ
3. Jalan Otto Iskandar Dinata sebelum Pasar Baru
4. Jalan Perintis Kemerdekaan
5. Jalan Deleg
6. Jalan Malabar
7. Jalan Stasiun Timur
8. Jalan Berantas
9. Jalan Komodor Udara Supadio
10. Jalan Ambon
11. Jalan Setra Indah
12. Jalan Otista arah Viaduct
13. Jalan Serayu
14. Jalan Brantas
15. Jalan Setra Indah Barat
16. Jalan terusan Karangtineung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini