Sukses

Kala Wali Kota di Kampung Presiden Habibie Lupa Urutan Pancasila

Wali Kota Parepare melafalkan sila kedua Pancasila dengan isi sila kelima.

Liputan6.com, Parepare - Dalam memperingati Hari Pahlawan, pemerintah Kota Parepare, kota kelahiran Presiden ke-3 BJ Habibie, menyelenggarakan upacara bendera. Kegiatan itu diikuti seluruh pejabat dan Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI, aparat kepolisian, anggota veteran, pelajar dan sejumlah organisasi kepemudaan (OKP).

Namun, ada yang tak biasa dalam upacara peringatan Hari Pahlawan itu. Saat itu, Wali Kota Parepare Taufan Pawe salah melafalkan urutan sila Pancasila.

Setelah menyebutkan sila pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa", Taufan Pawe keliru dalam menyebutkan sila kedua. Saat ini, insiden terpeleset lidah terjadi. Ia yang seharusnya mengucapkan "Kemanusiaan Yang Adil Dan Berada", Taufan malah melafalkan sila yang terakhir yakni "Keadilan Sosial...."

Seketika, suasana upacara yang tadinya Khidmat berubah menjadi gaduh. Tak sedikit peserta upacara kaget dan tertawa, ada juga yang berusaha menahan tawa. Beberapa di antaranya hanya saling pandang dan tersenyum. Dengan cepat, Wali Kota meralat ucapannya.

Natsir Majid, Kabag Bidang Organisasi Legiun  Veteran kota Parepare menyayangkan insiden itu bisa terjadi di Hari Pahlawan. Ditemui di kantor legiun veteran, Natsir mengemukakan kesalahan seperti itu semestinya tidak boleh dilakukan wali kota.

"Kami sangat menyayangkan kesalahan pengucapan teks Pancasila seperti ini dilakukan oleh seorang TP dalam kapasitasnya sebagai pejabat publik, apalagi dalam upacara resmi," ucap dia.

Hal senada juga dikemukakan Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Kota Parepare Abdullah. Ia membenarkan jika Wali Kota Parepare salah ucap Pancasila saat melafalkan teks pancasila dari sila kedua. "Tadi saya ikut mendengar Pak Wali dari sila pertama ke sila kelima, tapi dia langsung meralat cepat," kata dia.

Kejadian salah ucap atau baca teks Pancasila sejatinya bukan pertama kali terjadi. Yang paling miris, Duta Pancasila yang juga penyanyi dangdut Zaskia Gotik pernah lupa sila keempat Pancasila pada HUT TNI AU, April lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini