Sukses

Bulan Madu ala Lombok Masuk Final Kompetisi Wisata Halal

Memenangkan kompetisi wisata halal butuh vote sebanyak-banyaknya.

Liputan6.com, Lombok - Setelah terpilih sebagai nomine pada tahap pertama, dua destinasi wisata Pulau Lombok dan website www.wonderfullomboksumbawa.com akhirnya masuk sebagai finalis lima besar pada kompetisi wisata halal dunia World Halal Tourism Award (WHTA) 2016.

Kedua destinasi tersebut adalah Hotel Novotel Resort masuk sebagai nomine resort halal ramah wisatawan dan Bukit Sembalun, Lombok Timur sebagai destinasi bulan madu ramah wisatawan.

"Panitia WHTA 2016 mengumumkan dua destinasi dan satu website masuk sebagai lima besar. Ini patut kita syukuri," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi NTB Lalu Faozal, Selasa 8 November 2016.

Faozal mengaku perjuangan untuk membawa Lombok sebagai 5 besar dinilai sangat sulit karena harus bersaing dengan berbagai negara di belahan Dunia. Berbeda dengan ajang World Halal Travel Summit (WHTS) 2015 lalu.

"Dulu waktu WHTS 2015 masih jarang ada yang tahu. Tapi sekarang semua daerah dan semua Negara berlomba-lomba untuk memberikan vote terbanyak agar destinasinya bisa menang," kata dia.

Saat ini, pihak Dinas Pariwisata dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi NTB tengah gencar untuk melakukan vote dan melakukan sosialisasi. selain itu mengatur strategi agar dua destinasi dan satu website yang masuk sebagai dalam 5 besar tersebut terpilih sebagai pemenang.

"Kita sudah atur strategi untuk mendapatkan vote sebanyak-banyaknya agar Lombok bisa memenangkan kembali kompetisi tingkat dunia ini," kata Faozal.

Pemerintah Abu Dhabi kembali menggelar ajang wisata halal World Halal Tourism Award (WHTA) 2016. Pada ajang tersebut beberapa destinasi di Indonesia terpilih sebagai nomine.

Sedangkan untuk pulau Lombok, dua destinasi wisata di Lombok yaitu Hotel Novotel Lombok Tengah dan Bukit Sembalun serta website www.wonderfullomboksumbawa.com masuk urutan 5 besar dan menjadi finalis. Rencananya, pengumuman pemenang ini akan digelar di Abu Dhabi pada tanggal 25 November mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

12 Kategori Kompetisi Wisata Halal

Berikut 12 kategori yang diikuti Indonesia di ajang WHTA 2016 menurut nomor kategori:

1. World’s Best Airline for Halal Travellers, Garuda Indonesia

2. World’s Best Airport for Halal Travellers, Sultan Islandar Muda International Airport, Aceh Indonesia

3. World’s Best Family Friendly Hotel, The Rhadana Hotel, Kuta, Bali, Indonesia

4. World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel, Trans Luxury Hotel Bandung Indonesia

5. World’s Best Halal Beach Resort, Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok, West Nusa Tenggara Indonesia

6. World’s Best Halal Tour Operator, Ero Tour, West Sumatera Indonesia

7. World’s Best Halal Tourism Website, www.wonderfullomboksumbawa.com, Indonesia

8. World’s Best Halal Honeymoon Destination, Sembalun Village Region, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

9. World’s Best Hajj & Umrah Operator, ESQ Tours & Travel, Jakarta, Indonesia

10. World’s Best Halal Destination, West Sumatera, Indonesia

11. World’s Best Halal Culinary Destination, West Sumatera, Indonesia

12. World’s Best Halal Cultural Destination, Aceh Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini