Sukses

Sumbar Melaju ke Final Kompetisi Wisata Halal, Ayo Dukung

Malaysia jadi pesaing kuat Indonesia di Kompetisi Wisata Halal

Liputan6.com, Padang - Sumatera Barat berhasil maju ke kuarter final di ajang World Halal Tourism Award yang acara puncaknya digelar di Dubai. Sumbar mewakili Indonesia untuk kategori World’s Best Halal Destination, World’s Best Halal Culinary, dan World’s Best Halal Tour Operator, Ero Tour.

Untuk kategori World Best Halal Destination, hasil poling putaran pertama, Sumbar mengantongi tiga ribu suara. Sumbar berada di bawah Malaysia yang menempati posisi pertama dengan perolehan empat ribu dukungan.

Pemerintah meminta masyarakat untuk solid mendukung Indonesia di ajang tahunan tersebut.

"Silakan klik: voteindonesia.com. Lalu registrasi identitas personal Anda, lalu pilih 12 kategori terbaik milik Indonesia. Jadikan semua wakil Indonesia itu menjadi yang terbaik di dunia, karena pamor Word Best Halal itu akan membantu menaikkan branding wisata halal di tanah air," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Liputan6.com.

Secara keseluruhan, 12 kategori yang diikuti Indonesia lolos ke fase lima besar. Malaysia menjadi pesaing serius wakil-wakil Indonesia di sejumlah kategori. Untuk menentukan pemenang, voting akan ditutup pada 24 November 2016.

Malaysia berhasil menduduki peringkat pertama di empat kategori dari 11 kategori yang diikutinya. Malaysia mengalahkan Indonesia di kategori World's Best Family Friendly Hotel, Westin Kuala Lumpur, peringkat 1, dengan lebih dari 12 ribu suara.

The Rhadana Kuta, Bali, berada di peringkat ke-2 dengan voters 9 ribu. World's Best Halal Honeymoon Destination, Malaysia unggul dengan hampir 11 ribu suara. Andalan Indonesia, Sembalun Valley Region, West Nusa Tenggara berada di peringkat ketiga dengan 4 ribu pemilih.

Kategori World's Best Halal Destination, Malaysia mengantongi dukungan 4 ribu suara, unggul seribu suara dari Sumatera Barat yang menjadi runner-up. Untuk kategori World's Best Halal Culinary Destination, Malaysia unggul dengan meraih 4 ribu suara, Sumbar hanya di papan tiga dengan hampir 3 ribu voters.

Empat kategori itu merupakan andalan Indonesia untuk mendrive destinasi di pasar Halal Traveller. Pihak Kemenpar menyayangkan rendahnya dukungan masyarakat di ajang tersebut bila dibanding dengan kompetisi halal tourism nasional yang jumlah voters mencapai 115 ribu. The Radana Kuta saat ajang nasional berhasil mengumpulkan 66 ribu suara.

"Terus kemana saja pasukan kita? Saat dibutuhkan untuk perang di dunia digital, kita tidak berkutik? Kita tidak melakukan perlawanan apa-apa?" ujar Arief Yahya.

Pihaknya berharap pengguna internet di Indonesia yang mencapai 100 juta--lebih banyak dari penduduk Malaysia--berperan di voting lima besar untuk menentukan yang terbaik.

Data menunjukkan, hasil vote menunjukkan Indonesia belum kompak untuk melakukan voters pada 12 kategori yang diikuti. Garuda Indonesia mendapatkan 14 ribu suara, dari total 25 ribuan suara Indonesia. Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh hanya mengantungi 5,5 ribuan suara.

"Sisa waktu ini harus kita manfaatkan semaksimal mungkin. Pertama harus bergerak, menggerakkan public untuk nge-vote. Kedua harus solid, one for all, all for one, Merah Putih. Contreng ke-12 wakil Indonesia, sebelum di-submit," kata Arief Yahya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

12 Kategori WHTA 2016 yang Diikuti Indonesia

Berikut 12 kategori yang diikuti Indonesia di ajang WHTA 2016 menurut nomor kategori:

1. World’s Best Airline for Halal Travellers, Garuda Indonesia

2. World’s Best Airport for Halal Travellers, Sultan Islandar Muda International Airport, Aceh Indonesia

3. World’s Best Family Friendly Hotel, The Rhadana Hotel, Kuta, Bali, Indonesia

4. World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel, Trans Luxury Hotel Bandung Indonesia

5. World’s Best Halal Beach Resort, Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok, West Nusa Tenggara Indonesia

6. World’s Best Halal Tour Operator, Ero Tour, West Sumatera Indonesia

7. World’s Best Halal Tourism Website, www.wonderfullomboksumbawa.com, Indonesia

8. World’s Best Halal Honeymoon Destination, Sembalun Village Region, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

9. World’s Best Hajj & Umrah Operator, ESQ Tours & Travel, Jakarta, Indonesia

10. World’s Best Halal Destination, West Sumatera, Indonesia

11. World’s Best Halal Culinary Destination, West Sumatera, Indonesia

12. World’s Best Halal Cultural Destination, Aceh Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.