Sukses

Pantai Alam Indah Tegal Segera Berubah Wajah

Kios pedagang di Pantai Alam Indah akan diganti dengan kios terbuka. Warga tidak boleh lagi tinggal di bibir pantai.

Liputan6.com, Tegal - Pemerintah Kota Tegal akan memaksimalkan objek wisata Pantai Alam Indah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Untuk itu, Pemkot akan memperluas kawasan pantai dari 12 hektare menjadi 16 hektare.

Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno mengatakan pembenahan kawasan PAI dimulai dengan membangun fasilitas yang lebih layak. Dari tiga kilometer garis pantai sekarang, dua kilometer di antaranya akan dibuat pantai pasir putih. Sisanya untuk jalur joging.

"Fungsi kios pedagang akan dibuat hanya untuk berjualan, tidak dengan tempat tinggal. Selain itu paling utama adalah kita akan menjual view pantainya, pengunjung yang datang akan dapat langsung melihat pantai tanpa terhalang kios pedagang dan tempat parkir seperti sekarang ini," ucap Masitha, Senin, 7 November 2016.

Menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tegal R Supriyanta, kios pedagang akan dibuat lebih terbuka. Kemudian, kawasan hijau yang terlalu rimbun akan ditata ulang. Sementara, kawasan parkiran yang sekarang ini berada dekat dengan bibir pantai akan dipindah lebih ke belakang, akan disediakan juga area parkir barat dan parkir timur.

"Akan disiapkan juga kawasan kuliner, gerbang masuk juga akan diubah menjadi lebih dari yang sekarang. Sehingga harapannya kawasan Pantai Alam Indah benar-benar menjadi pusat rekreasi bagi warga Kota Tegal dan sekitarnya," ucap dia.

Dana Rp 30 Miliar

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Tegal Nur Effendi mengatakan proses penataan Waterfront City yang direncanakan Pemerintah Kota Tegal adalah seluas 68 Ha, namun tahap pertama akan dilakukan penataan seluas 16 Ha di kawasan PAI agar menjadi destinasi wisata unggulan Kota Tegal.

Adapun proses perencanaan, konstruksi, sampai pelaksanaan di target selesai dalam satu tahun anggaran yang akan dimulai 2017.  

"Anggaran yang telah disiapkan sejumlah Rp 30 miliar. Untuk saat ini, proses yang dilakukan adalah pembenahan infrastruktur terlebih dahulu," ucap Nur.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tegal Sugiyanto mengatakan untuk saat ini proses penataan PAI telah dimulai dengan pembuatan jogging track sepanjang 1 kilometer. Ke depan, kawasan tersebut juga akan dilengkapi dengan lampu penerangan setinggi 25 meter di empat titik.

Selain itu, di,dekat pantai akan dibuat tulisan “Pantai Alam Indah” dengan ukuran besar dan menyala di malam hari. Gerbang pintu masuk sebelah timur juga akan pindah lebih ke arah selatan lagi.  

"Harapannya tahun depan perubahannya sudah dapat dirasakan masyarakat Kota Tegal," kata Sugiyanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.