Sukses

Kronologi Bentrokan Berujung Jakmania Tewas Versi Warga Palimanan

Warga sekitar Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, mengaku kesal atas ulah Jakmania.

Liputan6.com, Cirebon - Sejumlah warga mengaku kesal lantaran ulah suporter Persija atau Jakmania yang lebih dulu membuat gaduh, sehingga terjadi bentrokan berujung hilangnya satu nyawa pada Minggu sore tadi.

Neng, salah seorang warga Desa Tegalkarang, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat mengaku, saat itu warga sedang menikmati sore. Namun, warga dikagetkan dengan sejumlah tukang ojek yang tengah duduk di bawah flyover Tegalkarang berlarian ke arah warga.

"Ternyata lagi dikejar-kejar sama suporter The Jak (Persija) mas. Parahnya, mereka juga merusak rumah dan beringas. Akhirnya, warga minta bantuan warga lain untuk mencegah dan akhirnya bentrok," ucap Neng kepada Liputan6.com, Minggu (6/11/2016) malam.

Warga pun sempat mengejar suporter hingga kembali ke pintu Gerbang Tol Palimanan, sehingga bentrok kembali. Aparat kepolisian langsung berupaya melerai bentrokan tersebut.

Ratusan orang beratribut suporter Persija atau Jakmania bentrok dengan warga di Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jabar, sehingga menewaskan satu orang. (Liputan6.com/Panji Prayitno)

Informasi yang diperoleh di lapangan, setelah dilerai, suporter sempat lari ke Desa Lungbenda dan sempat terjadi bentrok. Namun, tak lama kemudian, bentrokan kembali dilerai oleh petugas. "Habis itu suporter disuruh masuk ke bus dan langsung meninggalkan Tol Palimanan dikawal, mas," sebut dia.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, hingga Minggu tengah malam, polisi dan TNI terus berjaga di sepanjang Gerbang Tol Palimanan, Cirebon. Ada satu peleton Dalmas, dua unit pasukan Brimob, dan TNI berjaga.

Ratusan orang beratribut suporter Persija atau Jakmania bentrok dengan warga di Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jabar, sehingga menewaskan satu orang. (Liputan6.com/Panji Prayitno)

Kapolres Cirebon AKBP Sugeng Heriyanto menyampaikan, pasukan gabungan TNI dan Polri tersebut disiagakan di Gerbang Tol Palimanan. "Polsek-polsek di wilayah hukum kami juga disiagakan untuk mengawal keamanan suporter," ujar dia.

Saat ini ada 10 bus rombongan Jakmania masih tertahan di Brebes, Jawa Tengah. "Masih tertahan di Brebes, kami akan melakukan pengawalan agar suporter sampai ke Jakarta dengan selamat," Kapolres Cirebon memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini