Sukses

Cerita Keluarga Hasmi Gundala Putra Petir

Bagi Hasmi Gundala Putra Petir, pendidikan anak nomor satu.

Liputan6.com, Yogyakarta - Harya Suryaminata atau yang akrab dikenal dengan panggilan Hasmi, komikus pencipta Gundala Putra Petir, tutup usia di RS Bethesda Yogyakarta, Minggu (6/11/2016) siang. Sebelumnya, bapak dari dua anak ini menjalani operasi usus pada 2 November lalu.

Hasmi meninggalkan seorang istri bernama Mujiyati (45) dan dua anak perempuan, Ainun Anggitamukti (18), mahasiswa Fakultas Teknik Sipil UGM dan Bathari Sekar Dewangga (12), siswi kelas VII SMPN 12 Yogyakarta.

Di mata anak sulungnya, Hasmi adalah ayah yang perhatian dan tidak pernah marah. Ia berpikiran terbuka, tidak pernah memaksakan kehendak, dan suka berkomunikasi dengan keluarganya.

"Ayah bekerja dari rumah dan ibu juga ibu rumah tangga, kami sekeluarga suka sekali ngobrol dan menonton film bersama," ujar Ainun di Yogyakarta, Minggu, 6 November 2016.

Terlebih, tutur dia, untuk urusan pendidikan, sang ayah sangat demokratis dan mendorong sang anak untuk mencapai cita-citanya.

"Selalu diusahakan yang terbaik kalau untuk pendidikan anak-anaknya," kata dia dengan berkaca-kaca.

Dia mencontohkan, ketika pertama kali masuk SMA, orangtuanya menyarankan untuk kuliah di kedokteran, akan tetapi seiring berjalannya waktu Ainun ingin masuk Teknik Sipil.

"Ayah hanya bertanya alasannya dan menerima keputusan saya," ujar dia.

Ainun mengaku bangga dengan ayahnya, bahkan ia kerap merasa sakit hati jika ada netizen yang mengomentari artikel soal karya ayahnya Gundala Putra Petir. Dia bercerita pernah membaca komentar netizen yang mengatakan ayahnya plagiat superhero atau karakter fiksi pahlawan super luar negeri.

Menurut dia, hal itu tidak masalah, asalkan orang itu juga memiliki bukti dan data yang valid. "Orang itu tidak tahu apa-apa soal karya ayah saya, hanya mengomentari satu artikel," ucap putri pencipta komik Gundala Putra Petir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini