Sukses

Gelar Pelatihan, AJI Balikpapan Blusukan ke Sekolah Terpencil

Pihak sekolah menyatakan baru kali ini organisasi profesi memberi pelatihan gratis.

Liputan6.com, Balikpapan - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Balikpapan menggelar pelatihan jurnalistik ke sekolah-sekolah di Kalimantan Timur. Pelatihan ini menjadi rangkaian road show program jurnalistik AJI Balikpapan yang digelar ke SMA dan perguruan tinggi di Kaltim.

“Agenda ini merupakan program AJI Balikpapan sejak dua tahun terakhir ini,” kata Sekretaris AJI Balikpapan, Amir Syarifuddin, Minggu (6/11).

Bulan November ini, Amir mengatakan AJI Balikpapan melaksanakan pelatihan ke sejumlah siswa SMA di Samboja Kutai Kartanegara. Setidaknya terdapat 60 siswa sekolah SMA 1 Samboja, MA Nuruddin dan SMA Diponegoro.

Sebelumnya, Amir menyebutkan AJI Balikpapan menggelar acara serupa di kampus STIMIK Balikpapan bulan September silam. Acara ini diikuti hampir seluruh perwakilan perguruan tinggi yang ada di Balikpapan.

Amir mengatakan program pelatihan ini gratis diberikan pada para siswa yang ingin mengenal soal dasar dasar jurnalistik. Mentor pemateri diberikan para jurnalis dari berbagai media seperti dari Tempo, Liputan6.com, Kaltim Pos, TV Beruang, Radio KBR dan lainnya.

“Kami tidak memungut biaya pada para peserta. AJI Balikpapan menyiapkan kebutuhan doorprize dan makan siang bagi seluruh peserta,” kata Amir.

AJI Balikpapan berharap dunia jurnalistik mampu membuka wawasan para peserta yang mayoritas adalah para penulis muda di sekolahnya. Menurutnya para anak muda ini nantinya bisa menjadi masa depan dunia jurnalistik Indonesia menjadi lebih maju dan profesioanal.

Sehubungan itu, AJI Balikpapan menggandeng sponsor Total E&P Indonesie dan Telkomsel dalam merealisasikan program pelatihan jurnalistik sekolah. Kedua sponsor turut menyampaikan berbagai program CSR pada para peserta.

AJI Balikpapan gelar pelatihan ke sekolah daerah terpencil (Liputan6.com . Abelda Gunawan)

Kepala Sekolah SMA 1 Samboja, Abdullah, menyatakan baru kali ada ada organisasi profesi media yang secara sukarela memberikan pelatihan jurnalistik pada para siswa. Menurutnya program program seperti ini berguna dalam menambah wawasan anak didiknya yang lokasinya terpencil di pelosok Kabupaten Kutai Kartanegara.

“AJI jauh jauh datang dari Balikpapan untuk memberikan pelatihan jurnalistik. Tanpa memungut biaya sama sekali,” ujarnya.

Sehubungan itu, Abdullah meminta para siswa serius dalam menyimak materi jurnalistik yang diberikan sejak pukul 10.00 hingga 14.00 Wita. Materi jurnalistik yang diberikan soal dasar dasar jurnalitik, teknik wawancara, kode etik jurnalistik, teknik liputan video dan berita online.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini