Sukses

Ada 11 Ribu Lowongan Kerja di Banten, Cek di Sini

Banten memiliki 13.853 perusahaan kecil hingga besar.

Liputan6.com, Serang - Sebanyak 11.454 lowongan pekerjaan dari 38 perusahaan yang ada di Banten membuka lowongan pekerjaan melalui Job Fair yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) di lapangan Masjid Al-Bantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang.

"Yang masih mencari pekerjaan di Banten sebanyak 452 ribu. Melalui job fair membuka peluang kepada masyarakat Banten untuk bekerja. Kami berharap angka pengangguran di Banten dapat terus berkurang dari tahun ke tahun," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten, Nata Irawan, di lokasi Job Fair, Kamis (03/11/2016).

Job Fair yang berlangsung pada 3-5 November 2016 diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran di Provinsi Banten sebanyak 7,95 persen dari total angkatan kerja sebanyak 5.698.000 orang.

Nata mengatakan, persoalan tenaga kerja tak mudah. Persoalan ini menyangkut banyak hal, seperti kualitas pendidikan.

"Tentu persoalan tenaga kerja terkait pendidikan. Jika pendidikan dan kesehatan rendah, maka daya saing pun rendah. Pihak pengusaha juga diharapkan dapat mentolerir yang tak prinsip, sehingga tenaga kerja kita dapat terserap secara maksimal," ujar dia.

Ribuan pencari kerja di Bursa Tenaga Kerja Banten (Liputan6.com / Yandhi Deslatama)

Banten memiliki 13.853 perusahaan kecil hingga besar. Untuk wilayah Banten Selatan lebih banyak dihuni perusahaan padat karya dan pertanian. Lalu di Banten Utara atau wilayah Tangerang Raya, lebih banyak dihuni perusahaan berat dan padat karya.

"Hampir dua pertiga perusahaan di Banten ada di wilayah Tangerang. Tren angka pengangguran menurun, semoga ke depan dapat terus turun dengan program dari Disnaker. Untuk ke luar negeri lebih dari 600 orang," kata Kepala Disnakertrans Provinsi Banten Hamidi, di tempat yang sama, Kamis (03/11/2016).

Beberapa perusahaan yang ikut serta dalam ajang 'Job Fair Banten 2016' seperti PT Krakatau-Posco, Transvision, Bank Panin, PT Lippo General Insurance, PT Garuda Maintenance Facility Aerosia, hingga Imperial Klub Golf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini