Sukses

Batam Jadi Destinasi Akhir Pekan Warga Asing

Pengelola wisata di Batam meluncurkan program-program spesial di akhir pekan.

Liputan6.com, Batam - Kunjungan wisatawan asing ke Kota Batam, Kepulauan Riau, terus meningkat. Kunjungan wisatawan asing ke Batam setiap tahun rata-rata di atas 1,5 juta orang.

Para wisatawan asing yang datang ke Batam, kebanyakan dari negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand. Selain itu juga dari Korea, Jepang, Australia, dan Eropa sampai Amerika Serikat.

Jumlah wisatawan asing yang datang ke Batam setara dengan 20 persen dari total wisatawan asing yang datang ke Indonesia. Adapun wisatawan domestik ke Batam rata-rata 13 juta orang setahun.

"Setelah Jakarta dan Bali, Batam menempati urutan ketiga dari wisatawan asing yang datang ke Indonesia," kata Kepala Dinas Pariwisata Batam Yusfa Hendri kepada Liputan6.com, di sela acara jamuan untuk para peserta Festival Bahari, di Nongsa Point Marina (NPM), Batam, Kamis malam 27 Oktober 2016.

Masa tinggal para wisatawan asing di Batam, kata dia, rata-rata dua hari. "Paling banyak saat weekend, Sabtu Minggu," ujar dia.

Geliat sektor pariwisata ini, Yusfa menjelaskan, memberi kontribusi signifikan untuk perekonomian Batam. Pajak dari pariwisata tercatat nomor tiga menyumbang keseluruhan pajak untuk pendapatan daerah.

Manajer Komunikasi dan Pemasaran Nongsa Point Marina, Yosi Tanoe, membenarkan bahwa kunjungan pada akhir pekan lebih banyak dibanding hari-hari biasa. Pihak resort pun menerapkan harga lebih tinggi pada akhir pekan dibanding hari-hari biasa.

"Kami juga buat program-program di akhir pekan," kata dia.

Tak hanya menginap, para tamu juga mengambil program-program spesial yang ditawarkan. Salah satu yang banyak peminatnya adalah sunset cruise, program berlayar dua jam untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam di perairan Batam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini