Sukses

Dahlanisme Turun ke Jalan Sebar Ajakan Bela Dahlan Iskan

Dahlanisme bakal menggelar aksi berikutnya yang lebih besar.

Liputan6.com, Surabaya - Sehari setelah penetapan mantan Menteri BUMN era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Dahlan Iskan sebagai tersangka dugaan korupsi kasus pelepasan 33 aset PT Panca Wira Usaha, para pendukung dan simpatisannya yang menamai diri Dahlanisme menggelar aksi simpatik di depan Monuman Polisi Istimewa Surabaya.

Ratusan demonstran itu turun ke jalan dengan membagi-bagikan brosur ajakan untuk mengetik #saveDahlanIskan di semua media sosial. Brosur-brosur itu dibagikan ke pengguna jalan, baik pengendara mobil atau motor di Jalan Raya Darmo Surabaya.

"Save Dahlan Iskan. Kami menyayangkan penahanan Pak Dahlan, aksi ini spontan dan merupakan dukungan moral kami," kata koordinator Dahlanisme Daniel Lukas Rorong, Jumat (28/10/2016).

Selain mengajak warga, pendukung Dahlan Iskan itu juga berorasi soal penahanan Dahlan Iskan di Rutan Kelas I Medaeng Sidoarjo. Menurut Daniel, Dahlan tidak bersalah dalam kasus penjualan aset BUMD Pemprov Jawa Timur berupa bangunan dan tanah di Kediri dan Tulungagung yang disidik Kejati Jawa Timur.

"Kami yakin Pak Dahlan tidak bersalah. Untuk itu, saya selaku Ketua Sosmed Dahlanisme mengimbau kepada seluruh pendukung Dahlan untuk menyebarkan hastag:#SaveDahlanIskan ke seluruh akun sosmednya," kata dia.

Daniel menegaskan bahwa aksi yang digelarnya di Surabaya hari ini sebagai awalan karena selanjutnya aksi yang sama akan digelar ke seluruh pendukung Dahlan Iskan di seluruh Indonesia.

"Minggu 30 Oktober 2016 besok, kami juga akan menggelar aksi sejuta tanda tangan Save Dahlan Iskan di Taman Bungkul, Surabaya," ujar Daniel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini